Software Pembukuan Sederhana, Simple, dan Akurat

Software Pembukuan Sederhana – Pembukuan adalah hal yang penting dalam berbagai lini usaha. Mengapa demikian? Karena pembukuan terkait erat dengan masalah keuangan dan kita memiliki ingatan yang terbatas. Oleh karena itu kita membutuhkan sistem pencatatan yang sederhana dan mudah dimengerti.

Software Pembukuan Sederhana

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Pembukuan yang sederhana belum tentu bisa dengan mudah dipahami, karena mungkin informasi yang disajikan tidak mencukupi. Salah satu metode yang banyak digunakan dalam pembukuan ialah dengan menggunakan Program Pembukuan Microsoft Excel.

Meskipun Program Pembukuan Excel tidak bisa meng-update data secara otomatis, namun Excel menyediakan berbagi tool  yang cukup penting untuk menyelesaikan sebuah pencatatan keuangan, seperti penagihan atau kalkulasi transaksi. Meskipun fitur Program Pembukuan dalam Excel tidak selengkap seperti pada software akuntansi, namun Anda masih bisa mengandalkannya.

Setelan Umum Software Pembukuan Sederhana Dengan Excel

Setiap organisasi memiliki Software Pembukuan Perusahaan yang berbeda-beda, sama seperti orang yang menjalankan dibalik perusahaan tersebut. Namun Program Pembukuan Excel membantu proses awal pembuatan pembukuan menjadi lebih mudah. Mungkin ada beberapa dari kita yang tidak terlalu mengenal Excel, tapi kita dapat langsung mengenali tabel dan ikon yang ada Microsoft Office lainnya.

Untuk membuat data pertama kali, klik cell dan masukkan informasi data didalamnya. Misalnya kita ingin membuat satu sheet yang mencakup hutang, piutang, investasi, persediaan, gaji, dan poin-poin lainnya yang terekam dalam satu lembar kerja atau terpisah.  Lembar kerja pertama yang dibuat ini dapat dijadikan acuan untuk membuat file berikutnya.

Template Software Pembukuan Sederhana Excel 

Kumpulan template yang terdapat pada Excel ini membuat kita hemat waktu dan tenaga. Kita dapat menemukan berbagai bentuk template dari menu File > Wizard,  yang menyediakan beragam template penting seperti agenda, format surat,  atau Fax. Dari menu File > Template kita dapat membuat laporan, laporan bisnis, dan banyak lagi.

Dengan tersedianya berbagai template tersebut, kita hanya tinggal memilih template yang dibutuhkan, mengisi sesuai data yang ada dan mengirimkannya pada konsumen atau kolega usaha.  Template pada Excel ini dapat di sesuaikan dengan bisnis kita. Kita bisa menambahkan logo dan bahkan tagline sehingga tampilan laporan nampak unik.

Makro dan Rumus Software Pembukuan Sederhana dengan Excel

Excel tidak hanya digunakan untuk sekedar menginput data atau kalkulasi matematis. Kita bisa menggunakan makro yang terdapat di Tool> Makro atau rumus dengan menggunakan fungsi IF, OR, SUM yang secara otomatis.sehingga menghindarkan kita dari potensi kesalahan yang bisa terjadi jika dihitung secara manual.

Contoh =IF(OR(D7>0,E7>0),SUM($D$5:D7)-SUM($E$5:E7),””)

Penjelasan :

  1. Fungsi IF dan OR digunakan jika kolom D7 dan E7 diisi angka (>1) maka fungsi SUM($D$5:D7)-SUM($E$5:E7) akan dijalankan, namun jika tidak hasilnya akan “”. Angka 0 tidak digunakan karena jika digunakan, maka hasilnya akan menjadi 0 atau -, bukan cell kosong tanpa karakter.
  2. fungsi SUM($D$5:D7)-SUM($E$5:E7) artinya jumlah dari cell pertama di kolom debet sampai cell tertentu dikurangi jumlah cell pertama di kolom kredit sampai cell tertentu.

    Baca Juga : 6 Tips Langkah Cerdas Memikat Investor Cantik

Kelebihan lainnya pada Excel ialah dapat digunakan dengan program lainnya. Informasi pembukuan pada Excel dapat disisipkan pada dokumen Word dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka data excel yang memuat data yang sedang dikerjakan
  2. Blok data tersebut, klik kanan pilih copy
  3. Buka halaman word dan buka dokumen baru
  4. Klik kanan dan pilih Paste Special
  5. Maka Excel Worksheet yang dikerjakan akan tampil di halaman Word.

Kekurangan Aplikasi Pembukuan dengan Excel :

Meskipun Excel dirasa lebih fleksibel dalam menggunakannya seperti dengan mudah mengurangi/ menambahi kata atau angka, mengubah desain laporan, dll, ternyata ada juga beberapa kekurangan Excel yang sebetulnya sangat signifikan untuk level membuat laporan keuangan yakni:

  1. Keamanan yang kurang misalnya saja rawan akan terkena virus.
  2. Perlu adanya pemahaman yang sangat mendalam terhadap rumus khas Excel yang sebenarnya tidak begitu diperlukan bagi accounting staff.
  3. Berpeluang terjadinya human error yang tidak terdeteksi oleh Excel.
  4. Penyajian laporan keuangan cukup lama.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Software Pembukuan untuk perusahaan dengan menggunakan Excel sudah cukup efektif? Bila Anda menginginkan yang lebih efektif, kami menyediakan Software Pembukuan Perusahaan yang lebih simple, tanpa perlu menghafal rumus-rumus yang rumit, yang tentunya lebih efisien. Untuk Pemesanan silahkan Anda untuk ikuti Cara Pembelian Software Akuntansi dan segera hubungi Kontak Kami untuk informasi lebih lanjut!!

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Software Pembukuan Sederhana, Simple, dan Akurat ni memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Aplikasi Akuntansi Excel
  • Software Accounting Gratis
  • Jual Software Akuntansi