Software Pembukuan Keuangan Yang Baik dan Benar

Software Pembukuan Keuangan – Pembukuan Keuangan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan dan fisik yang meliputi Harta, Kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan  dan  penyerahan  barang  atau jasa,  yang  ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada setiap tahun pajak berakhir.

Akuntansi

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Dengan Pembukuan Keuangan kita dapat memantau perkembangan progres fisik dan keuangan, mengetahui perbandingan antara rencana kegiatan dan pelaksanaannya dan menyusun pelaporan yang diperlukan sebagai pertanggung jawaban atas penggunaan anggaran yang disediakan untuk keperluan informasi management dalam proses pemantauan, evaluasi, pengendalian dan penyusunan anggaran yang akan datang. Pembukuan akan memudahkan stake holder untuk mengawasi dan mengendalikan pelaksaan kegiatan di lapangan.

Pembukuan Keuangan dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan cara modern, yaitu menggunakan Software Pembukuan Keuangan atau dengan cara Pembukuan Sederhana

  • Pembukuan Sederhana

Pembukuan Usaha – Saat ini mungkin banyak wirausahawan yang terkecoh dengan istilah pembukuan dan akuntansi. Banyak yang mengira kedua istilah tersebut berdiri sendiri sendiri. Pada dasarnya kedua istilah tersebut merupakan satu kesatuan yang d tidak dapat di pisahkan. Mengapa demikian karena sebenarnya akuntansi tanpa ada pembukuan tidak akan berjalan begitu juga sebaliknya pembukuan tanpa akuntansi bagaikan makanan tanpa garam. Seperti itulah gambaran ringkas mengenai hubungan antara akuntansi dan pembukuan. Keduanya merupakan satu paket kesatuan yang saling melengkapi satu sama lainnya.

Baiklah untuk dapat menggambarkan perbedaan antara Pembukuan Sederhana dengan akuntansi ada baiknya kami akan mencoba untuk menjabarkan istilah akuntansi secara umum, akuntansi adalah suatu bahasa bisnis dari suatu proses pencatatan, klasifikasi dan komunikai dari data keuangan yang berupa penjualan, beban-beban, dan informasi keuangan penting lainnya kepada majemen. Sedangkan Pembukuan merupakan bagian dari akuntansi yaitu sebatas proses pencatatan saja, sedangkan akuntansi cakupannya luas berupa identifikasi dan juga komunikasi. Dari uraina tersebut diatas dapat kita bedakan antara Akuntansi dan pembukuan secara global. Nah sekarang kami mencoba untuk memisahkan, apa sebenarnya perbedaan antara pembukuan dan akuntansi dan dimana letak keterikatan antara kedua istilah tersebut.

  1. Pembukuan

hanya kegiatan pencatatan dari kejadian ekonomi/transaksi bisnis (salah satu dari proses

akuntansi)

  1. Akuntansi

melibatkan seluruh proses akuntansi (pencatatan, penggolongan, peringkasan, penyiapan

laporan keuangan)

Dapat kita lihat dari perbedaan tersebut bahwa sebenarnya Pembukuan Sederhana tersebut merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dalam proses akuntansi. Untuk perusahaan yang belum mampu menyelenggarakan pembukuan keuangan, cukup menyediakan buku memorial harian sebagai pengganti bukti pembukuan dan mengumpulkan segala jenis transaksi harian. Selanjutnya dilakukan metode tata buku tunggal atau ganda sesuai dengan kebutuhan neraca awal dan neraca akhir dapat dibuat melalui inventarisasi. Laba kemudian dapat dihitung melalui perbandingan modal awal dan modal akhir disertai penyesuaian. Selanjutnya pencatatan menggunakan komputer dengan Program Pembukuan akan lebih membantu karena data akan lebih akurat dan tertata rapi.

  • Pembukuan Perusahaan

Perusahaan kecil dan menengah yang sedang berkembang pasti memerlukan laporan keuangan untuk pedoman menentukan arah kebijakan perusahaan kedepan. Tanpa laporan keuangan yang jelas dan benar, keputusan manajemen suatu perusahaan bisa salah arah. Hal ini tentu saja sangat merugikan. Untuk itu penting sekali untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Sayangnya, untuk membuat laporan keuangan tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi jika sang pemilik usaha tidak memahami siklus akuntansi. Sudah dapat dipastikan perusahaan ini tidak dapat menyediakan laporan keuangan jika tidak merekrut tenaga ahli akuntansi.

Namun semua itu hanya terjadi pada masa lalu. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih, sekarang laporan keuangan tetap dapat dibuat tanpa harus merekrut tenaga ahli akuntansi yang terkenal mahal. Alokasi biaya gaji yang mahal tersebut dapat Anda gunakan untuk kepentingan lain yang lebih membutuhkan anggaran besar.

Program excel akuntansi adalah solusi bagi masalah usaha kecil dan menengah. Program akuntansi ini sangat cocok untuk jenis usaha apapun, baik usaha dagang maupun jasa. Cara pengunaan yang mudah dan disertai dengan video tutorial akuntansi excel membuat program aplikasi akuntansi excel ini begitu disukai oleh banyak kalangan pebisnis pemula.

Namun karena tidak praktis karena Excel masih menggunakan rumus-rumus rumit untuk menggunakannya, ITBrain Indonesia hadir menyediakan Software Pembukuan Keuangan Sederhana solusi bagi masalah usaha kecil dan menengah. Program Pembukuan ini sangat cocok untuk jenis usaha apapun, baik usaha dagang maupun jasa. Cara pengunaan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda!

Jika ingin memesan Software Pembukuan Keuangan Sederhana, langsung saja ikuti Cara Pembelian Software dan segera hubungi Kontak Kami untuk informasi lebih lanjut.

>>Promo Software Pembukuan Keuangan Gratis Versi Demo Klik Disini !!<<