Perbedaan Software Laporan Keuangan Dibandingkan Dengan Ms. Excel

Software Laporan Keuangan – Membuat Laporan Keuangan Akuntansi sudah tentu menjadi kewajiban bagi pebisnis maupun staf akunting. Namun, sering kewajiban tersebut akan terasa berat jika perangkat yang digunakan minim akan fitur bahkan parahnya lagi, masih menggunakan cara manual. Biasanya mereka yang masih pemula memiliki pola pikir bahwa pencatatan manual yang dianggap lebih simpel, nyatanya malah memperumit & memperlambat dalam mengambil keputusan bisnis. Tidak jarang rumitnya membuat kertas kerja, membuat ayat jurnal akan membingungkan dan berpeluang menimbulkan risko jika kurang teliti.

Software Laporan Keuangan

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Karyawan pada awalnya lebih menyukai pencatatan Laporan Keuangan Akuntansi menggunakan cara manual. Biasanya para karyawan ini bekerja menggunakan tools yang sudah siap digunakan alias rumus akuntansi sudah pernah dibuat sebelumnya oleh tim akuntansi di perusahaannya. Seiring berjalannya waktu mereka menemukan banyak sekali kekurangan yang mau tidak mau rumus yang belum ada harus beliau buat sendiri. Awalnya mudah, tapi di tengah jalan banyak transaksi yang menemukan jalan buntu karena fiturnya tidak ada. Ada yang dapat membuat rumus sendiri, namun ada juga yang memang sudah tidak bisa diapa-apakan lagi.

Terkadang masih terdapat perusahaan yang menggunakan cara lama itu dengan dalih lebih hemat dan tidak perlu adanya maintenance (pengelolaan) sehingga biaya bisa ditekan. Padahal implementasi tersebut sama saja dengan menimbun masalah bertubi-tubi misalnya waktu pembuatan laporan keuangan menjadi lebih lama, pengendalian atas keakuratan nilai yang sulit, dsb.

Software Laporan Keuangan Terbaik

Bagi Anda yang sudah pernah bersinggungan dengan akuntansi baik di bangku sekolah, kuliah, maupun di area pekerjaan mungkin sudah pernah merasakan juga bagaimana membuat jurnal hingga laporan keuangan dengan berbagai perangkat, setidaknya ada 3 perangkat yang biasa dipakai yaitu:

  • Buku Catatan Keuangan
  • Microsoft Excel
  • Software Laporan Keuangan

Ketiga alat bantu itu memiliki fungsi dengan taraf kemampuan akomodasi fasilitas yang berbeda-beda. Jika semakin tinggi intensitas suatu transaksi, maka buku catatan keuangan tidak akan digunakan lagi, atau digunakan namun sekadar untuk catatan kecil atau backup-an.

Software Laporan Keuangan vs  Excel?

Coba kita tinggalkan dulu buku catatan keuangan. Sekarang kita bahas ke point selanjutnya yaitu Excel. Apa yang pernah sahabat lakukan dengan Excel? Berikut ini gambaran yang paling sering terjadi:

  • Membuat rumus terlebih dahulu.
  • Sulitnya membuat jurnal yang memerlukan penghitungan diskon dan biaya
  • Membuat rumus untuk menghitung harga pokok persediaan
  • Susahnya merekonsiliasi bank karena harus mengeliminasi nilai yang tidak cocok lalu membuat jurnal penyesuaian yang diperlukan.
  • Menghitung revaluasi valas secara manual
  • Menghitung penyusutan harta tetap secara manual
  • Membuat jurnal khusus yang menimbulkan buku besar pembantu
  • Memposting lagi jurnal ke buku besar dan pastinya sangat banyak jurnal yang harus diposting satu per satu.
  • Membuat Neraca Lajur untuk mencatat jurnal penyesuaian
  • Mencatat jurnal pembalik ketika tutup buku dilakukan
  • Membuat rumus dan menghitung manual rasio kinerja keuangan.

Apabila dibandingkan dengan Software Laporan Keuangan, hal di atas sangatlah menyusahkan & membutuhkan waktu lama untuk menyusun laporan tersebut. Software Laporan Keuangan fungsinya yakni mencatat data-data yang Anda perlukan, Jika semua data kongkrit benar, maka hasil laporan keuangannya pun akan langsung secara otomatis terbuat sendiri, hasilnya pun tidak rumit, terkesan tepat, akurat sesuai data yang di masukan, jika sudah tau akan hasil laporan keuangan. Hasil ini langsung bisa anda cetak secara langsung, atau bisa di ekspor ke dalam MS.Excel.

Banyak sekali berbagai kemudahan jika anda memiliki Aplikasi Laporan Keuangan ini, Jika Anda berminat dengan Software Laporan Keuangan ini, segera ikuti Cara Pembeliannya dan hubungi Kontak Kami untuk informasi lebih lanjut.

 

>>Download Software Keuangan Gratis Versi Demo Klik Disini !!<<