Software Akuntansi General Ledger

Software Akuntansi General Ledger –  General Ledger atau Buku Besar merupakan langkah kedua siklus akuntansi setelah mencatat jurnal transaksi. Buku Besar yang berisikan hasil mutasi transaksi hasil postingan jurnal ini berfungsi untuk melihat kumpulan mutasi per akun, saldo awal, serta saldo akhir yang nantinya akan digunakan lagi untuk membuat jurnal penyesuaian sampai kepada Laporan Keuangan.

Secara konvensional, untuk memposting jurnal ke buku besar diperlukan ketelitian dalam menghitung satu persatu nilai akun yang terdapat di jurnal dengan menambahkan atau mengurangi nilainya berdasarkan posisinya di debit atau kredit.  Jika sudah ditemukan nilai akhirnya, barulah nilai saldo akhir yang diperoleh dimasukkan ke akun di buku besar, begitu pun dengan akun-akun lainnya sehingga nilai aktiva dan pasiva seimbang.

Tentunya cara ini rumit dan rentan akan kesalahan. Yang paling umum terjadi adalah ketidakseimbangan antara posisi aktiva dan pasiva di Buku Besar. Jika seperti ini kejadiannya, langkah selanjutnya dalam membuat laporan keuangan belum bisa dilakukan.

software akuntansi general ledger

Kelebihan menggunakan Software Akuntansi General Ledger

Dengan peristiwa seperti inilah, sepatutnya kita mencari perangkat untuk mendukung pencatatan secara otomatis. Perangkat yang dimaksud adalah Software Akuntansi GL atau Software Akuntansi General Ledger. Software Akuntansi General Ledger merupakan Software Akuntansi untuk mencatat segala transaksi jurnal, buku besar, hingga menghasilkan laporan keuangan seperti Neraca, Laba-Rugi, Arus Kas, dll secara otomatis.

Software Akuntansi General Ledger pada umumnya dibuat secara sederhana untuk mencatat data master (akun, nama, dll) dan jurnal double entry yakni posisi debit dan kredit langsung di form yang sudah disediakan di menunya. Penerapannya hanya memasukkan akun-akun yang akan dilibatkan di jurnal kemudian isi data penunjang lainnya semisal nama tujuan, nilai kurs (jika menggunakan mata uang asing), departemen, dan sebagainya.

Ketika pengguna telah memutuskan untuk merekam transaksi jurnal itu, sistem secara langsung sudah memposting jurnal ke buku besar sekaligus menghasilkan Laporan Keuangan tanpa harus menutup buku akhir bulan terlebih dahulu. Karena sangat simpelnya Software Akuntansi General Ledger dan hanya mendukung pencatatan jurnal double entry secara umum tidak seperti Software Akuntansi yang lebih lengkap untuk pencatatan transaksi yang lebih spesifik, ia sangat tepat digunakan untuk alur bisnis yang juga sederhana tanpa adanya kontrol persediaan, bahkan untuk pencatatan keuangan untuk rumah tangga. Banyak penyedia Software Akuntansi General Ledger yang membuat berdasarkan keperluan sehingga banyak juga variasi fasilitas yang disematkan.

Secara umum fitur & fasilitas dalam Software Akuntansi General Ledger meliputi:

  • Data master (nama, akun, departemen, dll)
  • Jurnal Umum double entry (debit-kredit)
  • Menampilkan dan mencetak voucer jurnal (journal voucher)
  • Buku Besar
  • Neraca Saldo
  • Neraca
  • Laporan Laba-Rugi
  • Ekspor laporan

Keuntungan menggunakan Software Akuntansi General Ledger :

  • Sangat sederhana sehingga bisa digunakan oleh orang umum yang hanya mengetahui pembukuan keuangan dasar.
  • Pengguna hanya perlu menginput jurnal umum di satu tempat dengan memasukkan akun terkait tanpa harus mengatur akun penting (control account).
  • Laporan keuangan langsung dapat dilihat tanpa harus didahului dengan langkah tutup buku akhir bulan.
  • Ukuran database ringan karena tidak memiliki alur yang kompleks.

Selain informasi di atas, masih banyak kemudahan yang akan anda peroleh dalam Software Akuntansi General Ledger kami.  Kelebihan lain dari Software Akuntansi General Ledger kami adalah bisa membantu anda menjaga aset bisnis yang ada. Karena semua kekayaan bisnis dapat direkam dalam Software Akuntansi General Ledger yang kami buat. Sehingga anda sebagai pemilik/pengelola akan jauh lebih tenang dalam mengelola bisnis anda.

Dengan Software Akuntansi General Ledger ini, maka semua pengelolaan stok barang anda akan jauh lebih terukur dan mudah dalam pengecekan. Semua transaksi pembelian dan penjualan yang terjadi di Toko anda akan jauh lebih terekapitulasi dengan baik. Sehingga anda akan sangat mudah mengeceknya. Software Akuntansi General Ledger kami, anda juga dapat memasukkan semua rekapitulasi data keuangan yang ada. Sehingga akan terbuat neraca keuangannya. Dan anda akan jauh lebih mudah mengetahui berapa kekayaan bisnis anda sebenarnya.

Kami, ITBrain Indonesia menyediakan Software Akuntansi General Ledger, terbaik dengan harga terjangkau untuk menunjang pekerjaan Anda. Dengan menggunakan Software Akuntansi General Ledger kami, kami yakin pekerjaan Laporan Keuangan Anda akan cepat selesai dengan Akurat dan Benar. Harga Software Akuntansi yang kami tawarkan akan sangat bersahabat dengan anggaran perusahaan Anda! Tunggu apalagi? Ayo order sekarang juga! Tinggalkan cara manual yang membuang-buang waktu Anda. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi Kontak Kami.

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia