Software Akuntansi Dan Pajak

Software Akuntansi Dan Pajak – Jika gaji Anda sebulan adalah Rp. 10.000.000, lalu berapakah besarnya PPh pasal 21 atas penghasilan tersebut? Tentu saja ini soal yang mudah jika Anda memahami tata cara penghitungan PPh pasal 21.

Akuntansi

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Namun akan sulit bagi orang yang awam tentang cara penghitungan pajak penghasilan. Dan sesekali bisa saja terjadi kesalahan hitung, meskipun selama ini Anda sudah terbiasa melakukan penghitungan PPh pasal 21 menggunakan cara manual ataupun Software Akuntansi dan Pajak.

Jika Anda ingin menghitung PPh pasak 21 dari penghasilan Anda, kami sarankan Anda bisa menggunakan Software Akuntansi dan Pajak yaitu Software Akuntansi Microsoft Excel!

Bagimana caranya menghitung PPh pasal 21 menggunakan Program Akuntansi Excel Atau Software Akuntansi Dan Pajak?

Caranya tentu sangat mudah, dengan menggunakan beberapa fungsi dan rumus penghitungan PPh pasal 21 dengan bantuan Excel ini bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. Kita langsung saja kepada prakteknya menghitung PPh 21 terutang.

Langkah pertama, siapkan 2 (dua) Worksheet atau lembar kerja pada Excel.

  1. Worksheet pertama (Hitung PPh 21), berisikan data penghitungan PPh 21. Misalnya Wajib Pajak memperoleh penghasilan per bulan Rp 2.500.00 maka penghasilan disetahunkan Rp 30.000.000 sebagai berikut.

Software akuntansi dan pajak

  1. Worksheet kedua (Data Tarif), berisikan data Tarif PPh 21 sebagai berikut.

Software akuntansi dan pajak 2

Selanjutnya, untuk menentukan Status tanggungan pada Worksheet pertama, gunakan fungsi Combo Box, data dari Status tanggungan tersebut didapat dari Worksheet kedua.

Misal status K/1 (Menikah dengan 1 tanggungan anak) adalah Rp 28.350.000

Software akuntansi dan pajak 3

Selanjutnya mengisi penghasilan bruto

Dengan masukan =E6 pada sel E11. Kemudian untuk menghitung biaya jabatan tempatkan kursor pada sel E13 dan isikan =IF((E11*0.06)>6000000,6000000,(E11*0.06)). Mka hasilnya sebesar Rp 1.800.000, ini didapat dari 15 % x 30.000.000.

Software akuntansi dan pajak 4

Selanjutnya untuk menghitung penghasilan neto adalah =E11-E13 atau penghasilan bruto dikurangi biaya jabatan hasilnya Rp 28.200.000.

Untuk menentukan besar PTKP hasilnya akan sama dengan status tanggungan Rp 28.350.000. Kemudian untuk jumlah PKP yaitu =E14-E15 atau jumlah penghasilan neto dikurangi PTKP hasilnya Rp 150.000.

Setelah jumlah PTKP dan PKP didapat, maka selanjutnya menghitung PPh 21 terutang, caranya jumlah PKP di kali tarif pasal 17 ayat 1 huruf a UU PPh, yaitu Rp 150.000 x 5% atau pada sel E18 isikan =D18*B18 maka hasilnya adalah sebesar Rp 7.500. Dan Jumlah PPh 21 terutang yang harus dibayarkan kepada kantor pajak adalah sebesar Rp Rp 7.500 per bulan.

Software akuntansi dan pajak 5

Menghitung PPh 21 dengan Software Akuntansi dan Pajak Microsoft Excel ini sangat membantu untuk Wajib Pajak, karena seperti yang diketahui, dalam melakukan pembayaran PPh 21 terutang Wajib Pajak diberi tanggung jawab untuk dapat menghitung sendiri jumlah PPh 21 terutang tersebut.

Maka dengan adanya fungsi dan rumus PPh 21 Excel ini semoga dapat membantu Wajib Pajak dan untuk lebih lengkap pembahasan pajak penghasilan.

Software Akuntansi Dan Pajak

Kami, My ITBrain Indonesia menyediakan Software Akuntansi Gratis, Software Akuntansi Akurat, Software Akuntansi Sederhana, Software Akuntansi Murah, untuk menunjang pekerjaan Anda. Dengan menggunakan Program Akuntansi kami, kami yakin pekerjaan Laporan Keuangan Anda akan cepat selesai dengan Akurat dan Benar.

Selain itu, Software Akuntansi kami memiliki kualitas unggul dengan harga yang terjangkau! Tinggalkan cara manual yang membuang-buang waktu Anda.Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Software Akuntansi Dan Pajak ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Akuntansi Pajak Penghasilan 
  • Software Accounting
  • Jual Software Akuntansi