SIAPA SAJA PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI?

Sistem Informasi Akuntansi  – Akuntansi memberikan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan. Tapi untuk siapa informasi tersebut diberikan? Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai siapa saja yang menggunakan informasi keuangan perusahaan.

Kemajuan dan reputasi dari setiap perusahaan bisnis dibangun di atas pijakan keuangan yang sehat. Ada sejumlah pihak yang tertarik dengan informasi akuntansi yang berkaitan dengan bisnis.

Seperti yang telah disebutkan, Akuntansi adalah bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi keuangan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan pihak-pihak tersebut.

Menurut Slawin dan Reynolds, “Secara konseptual, akuntansi adalah disiplin yang menyediakan informasi di mana pengguna eksternal dan internal informasi dapat mendasarkan keputusan yang mengakibatkan alokasi sumber daya ekonomi dalam masyarakat”.

Artinya, pengguna informasi akuntansi dapat dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu, pengguna internal dan pengguna eksternal. Siapa sajakah pihak-pihak dari dua kelas ini? berikut penjelasannya.

Sistem Informasi Akuntansi Keuangan

Pengguna Informasi Akuntansi Internal

Pengguna internal informasi akuntansi adalah orang-orang atau kelompok yang berada didalam organisasi. Berikut ini adalah pengguna internal:

  1. Owner ( Pemilik )

Pemilik menyediakan dana atau modal bagi organisasi. Mereka memiliki rasa ingin tahu untuk mengetahui apakah bisnis yang sedang dilakukan pada jalur suara atau tidak dan apakah modal sedang bekerja dengan baik atau tidak.

Pemilik, selalu mengawasi pengembalian dari investasi. Membandingkan rekening berbagai tahun membantu dalam mendapatkan potongan informasi yang baik. Mereka menentukan jumlah goodwill dan memfasilitasi dalam penilaian berbagai jenis pajak.

  1. Manajemen

Pengelolaan bisnis yang sangat tertarik untuk mengetahui posisi perusahaan. Akun tersebut adalah dasar; manajemen dapat mempelajari keuntungan dan kerugian dari kegiatan usaha.

Dengan demikian, manajemen tertarik akuntansi keuangan untuk menemukan apakah usaha yang dijalankan menguntungkan atau tidak. Akuntansi keuangan adalah “mata dan telinga dari manajemen dan memfasilitasi dalam menarik tentu saja masa depan tindakan, perluasan lebih lanjut dll”

  1. Karyawan

Pembayaran bonus tergantung pada ukuran laba yang diperoleh oleh perusahaan. Titik yang lebih penting adalah bahwa pekerja mengharapkan penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan.

Permintaan untuk kenaikan upah, bonus, kondisi kerja yang lebih baik dll tergantung pada profitabilitas perusahaan dan pada gilirannya tergantung pada posisi keuangan. Untuk alasan ini, kelompok ini tertarik di bidang akuntansi.

Pengguna Informasi Akuntansi Internal

pengguna eksternal informasi akuntansi adalah mereka kelompok atau orang yang berada di luar organisasi untuk siapa fungsi akuntansi dilakukan. Berikut ini adalah pengguna eksternal seperti:

  1. Kreditor

Kreditur adalah orang-orang yang memasok barang secara kredit, atau bankir atau pemberi pinjaman uang. Hal ini biasa bahwa kelompok-kelompok ini tertarik untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan sebelum memberikan kredit.

Kemajuan dan kesejahteraan perusahaan, yang kredit diperpanjang, sebagian besar ditonton oleh kreditur dari sudut pandang keamanan dan kredit lebih lanjut. Laba Rugi dan Neraca adalah pusat saraf untuk mengetahui tingkat kesehatan perusahaan.

  1. Investor

Calon investor, yang ingin menginvestasikan uang mereka dalam suatu perusahaan, tentu saja ingin melihat kemajuan dan kemakmuran perusahaan, sebelum berinvestasi jumlah mereka, dengan pergi melalui laporan keuangan perusahaan.

Nah untuk menjaga investasi tersebut perlu ada informasi yang diberikan kepada kelompok ini. Selain  itu, kelompok ini ingin melalui akuntansi yang memungkinkan mereka untuk mengetahui keamanan investasi.

  1. Pemerintah

Pemerintah terus mencermati pada perusahaan yang menghasilkan baik jumlah keuntungan. Negara dan pusat Pemerintah tertarik dalam laporan keuangan untuk mengetahui pendapatan untuk tujuan perpajakan. Untuk mengkompilasi akun nasional akuntansi yang sangat penting.

  1. Konsumen

Kelompok-kelompok ini tertarik untuk mendapatkan barang dengan harga berkurang. Oleh karena itu, mereka ingin mengetahui pembentukan pengendalian akuntansi yang tepat, yang pada gilirannya akan mengurangi biaya produksi, pada gilirannya kurang harga yang harus dibayar oleh konsumen. Para peneliti juga tertarik dalam akuntansi untuk interpretasi.

  1. Beasiswa Penelitian

Informasi akuntansi, menjadi cermin dari kinerja keuangan sebuah organisasi bisnis, adalah nilai besar untuk penelitian sarjana yang ingin membuat penelitian ke dalam operasi keuangan dari perusahaan tertentu.

Untuk membuat sebuah penelitian ke dalam operasi keuangan dari perusahaan tertentu sarjana penelitian membutuhkan informasi akuntansi rinci yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, biaya, biaya bahan yang digunakan, aktiva lancar, kewajiban lancar, aktiva tetap, kewajiban jangka panjang dan dana pemegang saham yang tersedia dalam catatan akuntansi dikelola oleh perusahaan.

  1. Lembaga Keuangan

lembaga perbankan dan keuangan yang memberikan pinjaman untuk bisnis tertarik untuk mengetahui kelayakan kredit dari bisnis. Kelompok, yang meminjamkan uang memerlukan informasi akuntansi untuk menganalisa perusahaan profitabilitas, likuiditas dan posisi keuangan sebelum membuat pinjaman kepada perusahaan. Selanjutnya, mereka berjaga-jaga konstan pada hasil operasi dan posisi keuangan dari bisnis melalui data akuntansi.

  1. Agen Regulatory

Berbagai departemen pemerintah seperti Perusahaan departemen hukum, Panitera perusahaan dll memerlukan informasi yang akan diajukan dengan mereka di bawah hukum. Dengan memeriksa informasi akuntansi ini mereka memastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan mengikuti aturan dan peraturan.

  1. Otoritas Pajak

Untuk menentukan kredibilitas pajak diajukanlah persyaratan pajak atas nama perusahaan. Nah pengajuan ini akan melihat daftar rekaman jejak keuangan tersebut yang datanya ini terdapat dalam infomasi yang disampaikan dengan laporan keuangan.

Pengguna eksternal mengetahui informasi akuntansi biasanya dalam bentuk laporan keuangan. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Informasi akuntansi dalam rangka untuk membantu mereka dalam membuat keputusan keuangan yang sehat.

Nah itulah dia 11 pihak-pihak yang menggunakan informasi akuntansi. Kesemuanya memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Semoga apa yang ada dalam artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Kami CV.IT Brain Indonesia, memiliki sebuah Sistem Informasi Akuntansi berbasis perangkat lunak / Software Akuntansi, Jika Anda berminat dan butuh informasi mengenai Software Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi dari kami. Bisa langsung Hubungi Kontak Kami Segera !!

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia