Pengertian Remitansi

Remitansi – adalah kegiatan transfer uang yang dilakukan oleh pekerja asing ke penerima yang berada di negara asalnya. Selain bantuan internasional, uang yang dikirimkan oleh pekerja imigran merupakan salah satu arus uang terbesar di negara berkembang. Remitansi pekerja merupakan bagian penting dari arus modal internasional, terutama di berbagai negara peng-ekspor tenaga kerja. Pada tahun 2013  yang dikirimkan ke berbagai negara-negara berkembang bernilai $404 miliar & total seluruh dunia hingga mencapai $542 miliar. Sejumlah negara seperti Cina & Indina menerima remitansi senilai puluhan miliar dolar setiap tahunnya. Tahun 2013, India menerima kiriman senilai $70 miliar, sedangkan Cina menerima $60 miliar.

Remitansi

Memiliki dampak positif terhadap peningkatan keuangan inklusif. Beberapa kajian mengungkapkan, remitansi adalah bagian dari bentuk transfer yang merupakan entry point keuangan inklusif. Dengan kemudahan melakukan transfer keuangan, akan membantu mengarahkan unbanked menggunakan produk juga layanan keuangan formal. Pengiriman uang bisa meningkatkan permintaan terhadap tabungan/uang elektronik sebagai sarana guna menyimpan uang yang lebih aman. Selanjutnya dengan tabungan & uang elektronik tersebut, track record unbanked bisa dimonitor & dianalisa agar selanjutnya menjadi bagian yang penting dalam rangka pemberian pembiayaan.

Baca Juga : Istilah Istilah Dalam Kartu Kredit

Walaupun biaya remitansi di Indonesia cukup rendah dibandingkan rata-rata dunia dan negara-negara lain di Asia, namun diperkirakan biaya keseluruhan untuk melakukan cash-out cukup besar, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lebih memilih memakai sarana remitansi informal akibat kurangnya pengetahuan yang baik & benar, serta kurangnya outlet cash-in formal yang berada dalam jangkauan TKI, & masih terbatasnya outlet cash-out sehingga membutuhkan biaya & waktu, serta masih rendahnya tingkat literasi keuangan TKI & keluarganya.

Remitansi

Remitansi & Pembangunan

Kiriman uang dari WNI yang bekerja di luar negeri memiliki makna yang penting bagi pembangunan negara Indonesia. Menurut BI, remitansi menyumbang 10% dari nilai APBN, menempati posisi kedua setelah pendapatan dari sektor migas.

Data menunjukkan perolehan devisa dari remitansi Warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri di berbagai negara di kawasan Asia, Amerika, Timur Tengah, Afrika, Eropa, & Australia pada tahun 2013 telah mencapai lebih dari US$ 7,4 miliar. Ini baru mencapai angka yang melewati jalur perbankan, dan belum termasuk pengiriman melalui jasa pengiriman uang sejenis Western Union, Moneygram dan sebagainya.

Artinya, jumlah kiriman dapat menjadi jauh lebih besar daripada data dari BI. Keberadaan WNI yang bekerja di luar negeri dalam jumlah sekitar 4 juta orang & tersebar di lebih dari 161 negara didunia ini, tentunya berperan sangat signifikan dalam upaya mendorong laju roda perekonomian negara Indonesia, khususnya di daerah tertentu yang mengirimkan banyak tenaga kerja ke luar negeri.

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Pengertian Remitansi ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Remitansi TKI
  • Software Accounting
  • Jual Software Akuntansi