Prospek Kerja Kuliah Di Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi, mungkin sebagian besar orang awam berpikir bahwa akuntansi selalu membahas tentang uang, padahal kenyataannya tidak. Secara bahasa, akuntasi memiliki pengertian sebagai proses mencatat, mengklasifikasi dan merangkum informasi finansial yang berkaitan dengan semua transaksi dan kejadian di perusahaan serta menyajikannya untuk dipahami oleh penggunanya, baik pihak internal (manajer), maupun eksternal (pemegang saham, calon investor, dll).

Yang dimaksud dengan Akuntansi adalah proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Selama dimana ada transaksi keuangan, perusahaan perlu melacak keluar masuknya aliran dana mereka untuk menentukan rugi laba yang diperoleh. Hal ini sangatlah penting dalam menilai kemajuan dalam suatu perusahaan.

Sekarang ini, banyak perusahaaan-perusahaan yang memiliki departemen keuangan yang bersedia memperkerjakan para mahasiswa yang baru lulus. Departemen ini tidak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga mengurus hukum perpajakan. Selain itu, data-data keuangan ini akan digunakan untuk memprediksi ekspansi perusahaan yang bersangkutan.

Jurusan Akuntansi

Apakah Jurusan Akuntansi Tepat Untuk Saya?

Jika Anda punya rasa antusias terhadap bidang keuangan, ingin menyelami dunia bisnis dengan lebih mendalam dan ingin karir Anda sukses saat bekerja di perusahaan, mungkin Jurusan Akuntansi adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi, mempelajari Akuntansi tidak berarti hanya mengandalkan bakat Matematika dan Bisnis. Minat akan Bidang Hukum dan Ilmu Ekonomi juga diperlukan. Mengapa demikian? karena selain diharuskan untuk menguasai berbagai pengetahuan mengenai transaksi keuangan, Anda juga akan dituntut untuk mempelajari hukum mengenai perpajakan dan kebijakan keuangan. Jadi, akuntansi itu tidak sesederhana ilmu berhitung, akan tetapi juga mencakup bidang studi yang luas.

Oleh karena itu, para calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini haruslah pribadi yang cepat tanggap, mau berusaha keras, dan juga bersedia meluangkan waktu untuk banyak membaca walaupun tidak dalam jam pelajaran.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

  • Tenaga Pendidik
    Seorang lulusan jurusan akuntansi bisa melanjutkan estafet keilmuan akuntansi dengan mejadi dosen di perguruan tinggi, namun untuk menjadi dosen, seorang sarjana akuntansi harus melanjutkan studinya di program magister. Lulusan akuntasi juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai guru di sekolah-sekolah negeri atau sekolah menengah kejuruan.
  • Pegawai Negeri Sipil
    Hampir dalam setiap pembukaan lowongan CPNS tiap tahunnya, ada formasi yang tersedia untuk lulusan jurusan akuntasi. Hal ini dikarenakan hampir semua instansi pemerintah membutuhkan lulusan jurusan ini untuk menangani urusan keuangannya. Untuk instansi pemerintah yang paling banyak membutuhkan lulusan akuntansi adalah Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan.
  • Sektor Swasta, BUMN, dan Organisasi Non-Pemerintah
    Sama halnya dengan instansi pemerintahan, semua BUMN, perusahaan swasta dan organisasi non pemerintahan membutuhkan jasa seorang akuntan untuk menangani urusan keuangan. Jumlah uang yang besar dengan ragam penggunaan yang kompleks tentu sangat beresiko jika dikerjakan oleh orang yang kurang paham dengan akuntansi, karena itu lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. Karena hal ini pula kenapa jurusan ini termasuk salah satu jurusan dengan lapangan kerja paling luas di Indonesia.
  • Kantor Akuntan Publik
    Secara umum Lulusan Program Studi Sarjana Akuntansi dapat berkarir sebagai Junior Auditor di Kantor Akuntan Publik; Analis sistem / proses bisnis dan  Pengembang Sistem Informasi Akuntansi dan serta manajer tingkat pertama di bidang Akuntansi. Lulusan jurusan akuntansi juga bisa mendirikan kantor Akuntan Publik jika sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak.
  • Wirausaha
    Tidak ada batasan bagi lulusan jurusan akuntasi untuk masuk kebidang-bidang lain di dunia usaha. Karena itu lulusan jurusan ini bisa saja membuka usaha wiraswasta apa saja yang sesuai dengan minatnya dan tidak melanggar hukum.

– Sukseskan Ekonomi di Indonesia –