Peranan dan Prinsip Akuntansi Perpajakan

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia

Akuntansi perpajakan (tax accounting) – adalah bidang akuntansi yang memiliki tujuan untuk menentukan besar/kecilnya jumlah pajak. Secara sederhana, akuntansi pajak dapat berfungsi untuk mencatat, menangani, mengkalkulasi, menganalisa dan membuat strategi pajak berhubungan dengan kejadian transaksi perusahaan. Laporan akuntansi pajak disusun dan disajikan dengan berdasar kepada peraturan perpajakan yang berlaku meskipun terdapat ketidakcocokan peraturan antara pedoman laporan keuangan & akuntansi pajak.

Peranan Akuntansi Perpajakan

  • Merencanakan strategi positif bagi perusahaan
  • Menganalisa dan memprediksi potensi besarnya pajak yang akan ditanggung perusahaan dimasa datang
  • Mengimplementasikan akuntansi atas kejadian aktivitas perpajakan dan menyajikannya dalam laporan keuangan komersial maupun fiskal
  • Mengarsipkan dan mendokumentasikan perpajakan dengan sangat baik serta menjadikannya bahan pemeriksaan/peninjauan kembali & evaluasi.

Akuntansi Perpajakan

Prinsip Akuntansi Perpajakan

  • Kesatuan Entitas Akuntansi

Suatu Entitas ekonomi pada perusahaan yakni merupakan satu kesatuan ekonomi & terpisah dengan pihak yang berkepentingan dengan sumber daya entitas perusahaan.

  • Prinsip Kesinambungan

Prinsip kesinambungan beranggapan bahwa suatu perusahaan tidak akan dibubarkan, tetapi meneruskan kegiatan ekonominya secara terus menerus.

Baca Juga : 17 Kelebihan Kartu Kredit

  • Konsisten

Prinsip akuntansi konsisten metode pembukuan yang diterapkan oleh entitas tidak boleh diubah-ubah dalam kurun waktu yang singkat, bahkan apabila terjadi perubahan metode, harus disertai pula alasan-alasannya, contohnya dalam penentuan metode penyusutan, penentuan tahun buku, dalam mengakui nilai valuta, metode perhitungan persediaan barang dll.

  • Harga Pertukaran Objektif

Aktifitas transaksi ekonomi dinyatakan dengan menggunakan satuan mata uang.

  1. Tidak terpengaruh dengan hubungan istimewa
  2. Dapat diuji pihak independen
  3. Tidak ada transfer pricing
  4. Tidak terdapat markup harga & yang lainnya

Tetapi pada perkembangannya Akuntansi Pajak Penghasilan belum disadari betul oleh instansi-instansi perusahaan khususnya pada perusahaan berskala menengah kebawah. Akuntansi perpajakan cenderung diabaikan, tidak memiliki cukup pengetahuan untuk mengurusnya sehingga pada akhirnya mereka menyerahkan pada konsultan, dimana konsultan pajak ini pun biasanya tidak tahu betul operasional perusahaan yang diawasi dengan detail, bahkan terkadang malah menjerumuskan. Tetapi pada perusahaan berskala menengah keatas, akuntansi perpajakan telah dianggap sangat penting penerapannya secara masif serta serius.

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Peranan dan Prinsip Akuntansi Perpajakan ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Akuntansi Pajak Penghasilan 
  • Software Accounting
  • Jual Software Akuntansi