Pengertian dari Persamaan Dasar Akuntansi Akurat di Indonesia

Persamaan Dasar Akuntansi Akurat – Akuntansi Dasar diperlukan sebelum memahami lebih dalam tentang akuntansi. Banyak nan beranggapan bahwa akuntansi itu rumit sehingga malas buat mempelajarinya. Nah, dengan mengetahui Dasar Dasar akuntansi, orang akan lebih mudah buat mempelajari Prinsip Dasar Akuntansi dengan lebih mendalam.

Persamaan Dasar Akuntansi Akurat

Sebelum mengetahui Dasar Dasar Akuntansi nan lain, kita bisa melihat siklus akuntansi secara generik sebagai berikut.

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Sumber-sumber dokumen perusahaan > Transaksi-transaksi perusahaan > Transaksi dicatat dalam jurnal > Pencatatan dalam buku besar > Neraca saldo > Jurnal penyesuaian > Laporan keuangan > Penutupan buku besar > Neraca saldo penutupan > Jurnal pembalikan > Laporan akuntansi > Pihak-pihak pemakai

Persamaan Dasar Akuntansi Akurat – Dasar-Dasar Akuntansi

Pengertian akuntansi termasuk dalam dasar dasar akuntansi. Berdasarkan para pakar ekonomi, beberapa pengertian akuntansi ialah sebagai berikut.

  • Menurut Warren, Reeve, dan Fees (2005: 10) akuntansi bisa didefinisikan sebagai sistem informasi nan menghasilkan laporan kepada pihak-pihak nan berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.
  • Menurut Littleton (Muhammad, 2002: 10), tujuan primer dari akuntansi ialah buat melaksanakan perhitungan secara berkala antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran nan dijadikan sebagai acum dalam mempelajari akuntansi.
  • Accounting Principle Board Statement No.4 dalam Smith Smith Skousen (1993: 3) menyatakan bahwa akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa nan berfungsi buat memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi nan dimaksudkan buat digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, nan digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif.

    Baca Juga : Kenaikan Tunjangan Hari Raya PNS

  • American Accounting Association (AAA) dalam Soemarso SR. (1996 : 5) mendefinisikan akuntansi sebagai proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi buat memungkinkan adanya evaluasi dan keputusan nan jelas dan tegas bagi mereka nan menggunakan informasi tersebut.
  • Akuntansi menurut Menteri Keuangan RI No. 476 KMK. 01. 1991 ialah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalisisan, peringkasan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi buat menyediakan informasi keuangan bagi para pemakai laporan nan berguna buat pengambilan keputusan.

Dasar-Dasar Akuntansi – Fungsi Akuntansi

  • Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan.
  • Memproses data menjadi informasi nan berguna bagi pihak manajemenperusahaan.
  • Mengatur data-data nan ada ke dalam kelompok-kelompok nan sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  • Mengendalikan kontrol data nan cukup sehingga aset dari suatu perusahaan terjaga.
  • Penghasil informasi nan menyediakan informasi nan cukup bagi pihak manajemen buat melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengontrol aktivitas.

Cabang-cabang Akuntansi

  1. Akuntansi Keuangan (Financial Acounting)
  2. Akuntansi Inspeksi (Auditing)
  3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
  4. Akuntansi Manajemen (Managerial Accounting)
  5. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)
  6. Akuntansi Aturan (Budgeting Accounting)
  7. Akuntansi Pemerintah (Government Accounting)
  8. Akuntansi Pendidikan (Educational Accounting)
  9. Akuntansi Sosial (Social Accounting)
  10. Akuntansi Forum Nirlaba (Non Profit Accounting)

Persamaan Dasar Akuntansi Akurat

Persamaan dasar akuntansi akurat adalah keseimbangan sisi debet dan sisi krredit yang ditunjukkan dalam neraca. Neraca menggambarkan aktiva (harta kekayaan), Utang dan Modal pemilik pada saat tertentu.  Secara matematis persamaan dasar akuntansi akurat dapat dirumuskan sebagai berikut :

  • H =          U + M
  • H =          U
  • H =          M

H = Harta, yaitu semua milik (Kekayaan) dari suatu perusahaan.

U = Utang, yaitu kewajiban perusahaan terhadap pihak lain.

M = Modal, yaitu hak pemilik perusahaan.

Rumus lain dari persamaan dasar akuntansi akurat :

H + B        =          U + M + P

B = Biaya, pengorbanan untuk memperoleh penghasilan

P = Pendapatan, adalah bertambahnya aktiva perusahaan.

Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran

Harta bersaldo normal di debet (bertambah) dan jika di kredit berkurang, sedangkan pendapatan bersaldo normal di kredit (bertambah) dan jika di debet berkurang, biaya mengurangi modal sedangkan pendapatan menambah modal.

B = Biaya, pengorbanan untuk memperoleh penghasilan

P = Pendapatan, adalah bertambahnya aktiva perusahaan.

HARTA bersaldo normal di debet (bertambah) dan jika di kredit berkurang. Sedangkan PENDAPATAN bersaldo normal di kredit (bertambah) dan jika di debet berkurang. Biaya mengurangi modal sedangkan pendapatan menambah modal. Selanjutnya kita bahas satu persatu mengenai unsur-unsur persamaan akuntansi yaitu Harta, Utang dan Modal.

Contoh Persamaan Akuntansi :

Pada tanggal 1 Mei 2006 Tuan Hendra mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang servis sepeda motor dengan nama Servis Sepeda Motor Berkah. Berikut ini transaksi selama bulan Mei 2006.

  1. Diinvestasikan sebagai modal pertama berupa uang tunai sebesar Rp10.000.000,00 dan Peralatan kantor sebesar Rp500.000,00.

Pengaruhnya: Harta (kas) bertambah Rp10.000.000,00, harta (peralatan) bertambah Rp500.000,00, dan modal bertambah Rp10.500.000,00.

  1. Dibayar sewa atas ruangan usaha bengkel sebesar Rp60.000,00 untuk 1 bulan.

Pengaruhnya: Harta (kas) berkurang Rp60.000,00 dan modal berkurang Rp60.000,00.

  1. Dibeli secara kredit perlengkapan bengkel dari Toko Motor Jaya seharga Rp400.000,00 dan peralatan bengkel seharga Rp1.000.000,00.

Pengaruhnya: Harta (perlengkapan) bertambah Rp400.000,00, harta (peralatan) bertambah Rp1.000.000,00 dan utang bertambah Rp1.400.000,00.

Nah, untuk dapat menyusun laporan akuntansi, kita harus memahami dulu dasar-dasarnya dan memahami semua teorinya. Penyusunan laporan keuangan melalui cara manual cukup menguras otak, dan tenaga pastinya. Kami memiliki Software Akuntansi yang siap membantu semua urusan laporan keuangan Anda. Dijamin akurat serta menghemat waktu, dan tenaga.

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Pengertian dari Persamaan Dasar Akuntansi Akurat di Indonesia ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Buku Akuntansi Dasar
  • Software Accounting
  • Jual Software Akuntansi