Pengertian Restrukturisasi

Pengertian Restrukturisasi – Di era persaingan yang semakin ketat setiap harinya, kerap kali sebuah perusahaan dituntut untuk mengevaluasi kinerja karyawan selama ini, dan melakukan serangkaian perbaikan agar tetap berkembang & bersaing secara sehat. Perbaikan ini hendaklah dilaksanakan secara terus menerus, sehingga kinerja perusahaan menjadi semakin lebih baik & dapat unggul terus dalam persaingan/minimal tetap dapat bertahan.

Pengertian Restrukturisasi

Pengertian Restrukturisasi

Perlu bagi tiap untuk mengevaluasi kinerjanya & melakukan beberapa langkah perbaikan, agar dapat tetap tumbuh & bersaing.

Salah satu upaya untuk memaksimalkan & meperbaiki kinerja perusahaan yakni dengan cara restrukturisasi dengan indikator kinerja karyawan yang sesuai. Bisa berarti memperbesar/memperkecil struktur perusahaan. Inilah definisi menurut beberapa ahli :

  • David F (1997)

Restrukturisasi sering disebut sebagai downsizing atau delayering, yang melibatkan pengurangan tenaga kerja perusahaan, unit kerja/divisi, ataupun pengurangan tingkat jabatan dalam struktur oganisasi perusahaan. Pengurangan skala perusahaan ini diperlukan guna memperbaiki efisiensi & efektifitas perusahaan.

  • Bramantyo (2004)

Dalam mencari jalan keluar bagi perusahaan yang tidak berkembang, sakit atau adanya ancaman bagi organisasi, strategi restrukturisasi digunakan atau industri diambang pintu perubahan yang signifikan. Pemilik biasanya melakukan perubahan tim unit manajemen, perubahan strategi, ataupun hadirnya teknologi baru dalam perusahaan. Selanjutnya sering diikuti oleh akuisisi untuk membangun bagian yang sedang kritis. Serta menjual beberapa bagian yang tidak perlu, untuk mengurangi biaya akuisisi secara efektif. Sebagai hasilnya melahirkan perusahaan yang kuat & merupakan transformasi industri.

Baca Juga : Software Akuntansi Dagang Terbaru

Dalam melakukan strategi restrukturisasi, diperlukan tim manajemen yang memiliki wawasan melihat ke depan, kapan perusahaan berada pada titik undervalued atau industri sedang pada posisi yang matang untuk melakukan transformasi. Hal ini bertujuan guna memperbaiki & memaksimalisasi kinerja perusahaan.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) restrukturisasi/re·struk·tu·ri·sa·si/ penataan kembali (supaya struktur atau tatanannya baik). Restrukturisasi merupakan kegiatan untuk merubah struktur perusahaan, dalam posisi yang makin membesar atau semakin ramping ( penciutan usaha ). Artinya, bisa berarti upaya-upaya  yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka guna memperbesar struktur perusahaannya, seperti kegiatan akuisisi & merger. Sebagai contohnya : perusahaan melakukan integrasi vertikal dengan tujuan mengamankan sumber bahan bakunya.

Tujuan Restrukturisasi Perusahaan

Tujuan restrukturisasi perusahaan adalah untuk memperbaiki serta memaksimalisasi kinerja perusahaan. Bagi perusahaan yang telah go public, maksimalisasi nilai perusahaan ditandai oleh tingginya harga saham perusahaan, & harga tersebut dapat bertengger pada tingkat atas. Harga saham yang bertahan tersebut bukan permainan pelaku pasar atau hasil persaingan saham, tetapi benar-benar merupakan cermin ekspektasi investor akan masa depan perusahaan. Seiring dengan perusahaan yang sudah go-public, harga jual turut mencerminkan ekspektasi para investor atas kinerja masa depan perusahaan nantinya. Sedangkan bagi perusahaan yang belum go-public, me maksimalisasi nilai perusahaan dapat dicerminkan pada harga jual perusahaan tersebut. Penilaian Kinerja Pegawai juga sangat penting guna mengukur faktor yang menentukan berkembangya suatu perusahaan.

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Pengertian Restrukturisasi ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Penilaian Kinerja Karyawan
  • Indikator Kinerja Karyawan
  • KInerja Karyawan