Pengertian, Ciri-ciri, dan Peranan Indeks Harga

Indeks Harga adalah rasio yang pada umumnya dinyatakan dalam sebuah persentase yang mengukur satu variabel pada suatu waktu tertentu atau lokasi relatif terhadap besarnya variabel yang sama pada waktu atau lokasi lainnya. Indeks dari harga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menunjukkan mengenai berbagai perubahan yang terjadi pada harga dari waktu ke waktu.

Sejak abad ke 18, banyak dilakukan penelitian tentang harga barang-barang dipasaran. Ketegangan produsen sebagai pihak penghasil barang dan konsumen sebagai pihak pembeli akan mengakibatkan ketidakseimbangan fluktuasi harga barang.

indeks harga

Statistic indeks harga

Ciri-Ciri Indeks Harga

  • Digunakan sebagai standar perbandingan harga dari waktu ke waktu.
  • Penetapan indeks dari harga didasarkan pada oleh yang relevan.
  • Ditetapkan oleh sampel, bukan dari populasi.
  • Dihitung dengan berdasarkan waktu yang memiliki kondisi ekonomi yang stabil.
  • Perhitungan indeks dengan cara menggunakan metode yang sesuai dan tepat.
  • Perhitungan indeks dapat dilakukan dengan melalui cara membagi harga tahun akan dihitung indeksnya dengan harga tahun dasar lalu dikali 100.

Peranan Indeks Harga dalam Ekonomi

Suatu petunjuk atau sebuah barometer dari kondisi ekonomi umum. Hal ini mengandung suatu maksud sebagai berikut :

  1.  Grosir menggambarkan dengan tepat tentang tren perdagangan.
  2.  Diterima oleh petani guna menggambarkan tingkat kemakmuran di bidang agraria.
  3.  Umum adalah pedoman untuk berbagai kebijakan dan administrasi perusahaan.
  4.  Dapat dipakai untuk deflator, pengaruh perubahan harga dapat dihilangkan melalui cara membagi nilai tertentu dengan indeks harga yang lebih sesuai. Proses tersebut dinamakan deflasi dan pembaginya dinamakan deflator.
  5.  Dapat dipergunakan untuk pedoman bagi pembelian berbagai jenis barang. Maksudnya adalah harga barang yang dibeli dapat untuk dibandingkan dengan indeks harga eceran atau grosir supaya dapat diukur efisiensi dalam pembelian suatu barang yang bersangkutan.
  6.  Barang-barang konsumsi ialah pedoman dalam mengatur gaji buruh atau untuk menyesuaikan kenaikan gaji buruh pada saat inflasi.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, ciri-ciri dan peranan indeks harga. Semoga artikel diatas dapat membantu memberikan informasi yang Anda cari.

>>> Mau Software Akuntansi Gratis??? Klik Dibawah Ini <<<

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia