Daftar Pengeluaran tak Terduga Yang Bikin Keuangan Terganggu Saat Bulan Puasa

Pengeluaran Saat Bulan Puasa – dibulan penuh berkah pahala yang kita dapatkan akan dilipatgandakan, sehingga pahala yang didapatkan akan lebih banyak. Namun seiring bertambahnya pahala tersebut pengeluaran saat bulan ramadhan pun juga ikut mengalami kenaikan.

Pengeluaran Saat Bulan Puasa

Mungkin hal itu disebabkan oleh beragam kebutuhan pokok yang naik, serta banyaknya acara buka diluar yang menyebabkan bertambahnya pengeluarn anda. Karena itulah tanpa kita sadari banyak hal – hal di saat bulan Puasa yang meyebabkan pengeluaran kita bertambah.

Berikut akan kami sajikan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab bertambahnya pengeluaran saat bulan puasa.

5 Hal Yang Menjadi Penyebab Bertambahnya Pengeluaran Saat Bulan Puasa

Pengeluaran Saat Bulan Puasa

  1. Banyak Acara Buka Bersama

    Berbuka puasa bersama adalah hal yang penting menjaga tali silaturahmi. Tapi tidak semua tawaran berbuka bersama bisa langsung anda setujui. Atau bahkan Anda sendiri yang membuat jadwal berbuka puasa hampir setiap hari? Meski memiliki kartu kredit sehingga bisa mendapat diskon, tetap saja kita mengeluarkan uang untuk keperluan ini.

  2. Biaya Bahan Bakar Kendaraan Yang Naik

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa lalu lintas semakin memburuk saat bulan puasa, terutama sebelum waktu berbuka. Padahal, banyak yang beradu di jalan hanya demi lebih cepat sampai rumah sepulang kerja.

    Karena macet, makin banyak bahan bakar yang menguap di jalan. Mungkin Anda tertarik beralih ke angkutan umum? Coba bandingkan biaya transportasi dengan menggunakan keduanya. Siapa tahu lebih murah kalau menggunakan kendaraan umum.

  3. Belanja Kebutuhan Lebaran

    Biaya pokok komoditas bisa dikurangi karena kebijakan pemerintah. Tapi ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi saat puasa, yaitu kebutuhan Lebaran. Beli baju, misalnya. Karena ada THR, belanja tidak terkendali. Keluarga membeli pakaian, celana, sepatu, dan lain-lain. Tanpa sadar uang THR habis, tabungan juga diambil.

    Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Saat Hari Raya Dengan Membuka Usaha Saat Ramadhan

    Padahal uang THR bisa dialokasikan untuk hal lain yang tak kalah bermanfaatnya, seperti tabungan untuk membeli rumah. Ingat, harga rumah semakin mahal.

  4. Bagi – Bagi Amplop THR

    Berbagi amplop saat Idul Fitri, biasanya dilakukan oleh orang-orang yang telah bekerja untuk anggota keluarga yang masih kecil. Ini adalah tradisi yang bagus, tapi bukan berarti seenaknya berbagi THR. Lihatlah kemampuan finansial anda dulu. Kemudian urutkan anggota keluarga yang akan diberikan THR. Sesuaikan dengan usia mereka.

  5. Biaya Untuk Mudik Lebaran

    Harga tiket liburan lebaran selalu lebih tinggi dari hari biasa. Bahkan bisa dua kali lipat. Tapi biasanya harga yang ditawarkan jauh sebelum Lebaran lebih murah. Tiket kereta api, misalnya. Ada beberapa harga untuk kategori tempat duduk yang berbeda. Jika kita memesan lebih awal, bisa jadi harga termurah.

    Baca Juga : Cara Mendapatkan atau Memebeli Tiket Pesawat Murah Untuk Mudik Lebaran

Itulah hal – hal yang dapat menambah pengeluaran saat bulan puasa, selanjutnya tetapkan pengeluaran harian agar tidak melebihi batas itu. Bulan puasa adalah momentum yang tepat untuk mengelola keuangan. Prioritaskan terlebih dahulu pengeluaran sebelumnya dalam perencanaan rencana keuangan. Jika tidak hati-hati, belanja ekstra selama bulan puasa bisa membuat kekacauan finansial.

Jika artikel Daftar Pengeluaran tak Terduga Yang Bikin Keuangan Terganggu Saat Bulan Puasa ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini dishare kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Tips Mengelola Uang THR
  • Perencanaan Keuangan Saat Lebaran
  • Usaha – Usaha Saat Datangnya Bulan Ramadhan