Pentingnya Pembukuan Keuangan Bagi Berbagai Macam Usaha dan Bisnis

Adanya pembukuan keuangan yang tepat dan juga sesuai memang sangat diperlukan bagi sebuah usaha. Saat kita merencanakan untuk merintis atau memulai sebuah usaha atau bisnis, jangan lupa untuk membekali diri kita dengan kemampuan dan ilmu yang cukup memadahi mengenai pembukuan untuk keuangan usaha kita.

Pembukuan Keuangan

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Hal itu sangat penting tak hanya untuk usaha yang cukup besar tetapi juga untuk usaha yang masih dikelola sendiri tanpa karyawan. Adanya pembukuan dan manajemen yang baik akan membangun sebuah pondasi bisnis atau usaha yang kuat. Dengan adanya pembukuan yang sesuai setidaknya tiap bulannya bisa menjadi sebuah laporan yang akan berguna untuk memonitor bisnis kita serta bisa menjadi evaluasi agar bisnis atau usaha kita menjadi lebih baik. Jadi, dengan adanya pembukuan yang sesuai dan baik akan membantu kita dalam membuat usaha atau bisnis kita menjadi lebih baik lagi dan lagi di masa mendatang. Hal itu bisa dilakukan, misalnya dengan membuat pembukuan sederhana. Untuk itulah, mengapa kita perlu tahu banyak mengenai system pembukuan yang baik terlebih untuk keuangan usaha dan bisnis kita. Jadi, hal itu juga akan membantu kita membuat bisnis yang kokoh dan juga lebih dekat dengan kesuksesan. Saat ini, untuk membuat pembukuan untuk usaha atau bisnis kita sebenarnya sudah jauh lebih mudah karena adanya beragam software pembukuan yang bisa dicoba.

Apa Itu Pembukuan Keuangan ?

Hal pertama yang penting untuk diketahui ialah mengenal terlebih dahulu tentang apa itu pembukuan keuangan. Pembukuan yang dimaksud di sini ialah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan pada usaha kita secara teratur dan terperinci. Hal itu meliputi modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Kemudian di akhir dari proses tersebut biasanya dibuat sebuah laporan keuangan. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bagaimana hasil yang diperoleh oleh usaha kita dan juga membandingkannya antara rencana atau rancangan usaha serta target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kemudian, hal tersebut bisa menjadi lebih mudah dengan menggunakan bantuan program pembukuan yang bisa dengan mudah kita peroleh dan juga coba. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya pembukuan usaha memang sangat penting, meskipun kita memulainya dengan membuat pembukuan yang cukup sederhana karena hal itu menjadi pokok dari manjemen usaha dan bisnis kita nantinya.

Membuat Pembukuan Sederhana

Lalu, bagaimana cara menbuat pembukuan keuangan yang mudah dan cukup sederhana tersebut? Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan bantuan program excel. Cara ini dikatakan menajdi suatu cara yang klasik namun sederhana. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat pembukuan dengan bantuan excel. Pertama, bukalah workbook kemudian tentukan apa saja poin yang perlu untuk dimasukkan dalam pembukuan dan jadikan sebagai header table yang dibuat, misal pemasukan, pengeluaran, saldo, tanggal, dan sebagainya. Langkah selanjutnya ialah memasukkan info atau data yang sesuai denga cash flow. Jangan lupa untuk memasukkan formula. Cukup mudah sebetulnya membuat pembukuan sederhana meskipun tanpa bantuan software pembukuan sederhana. Namun, jika kita ingin yang lebih detail dan juga lebih mudah lagi, tentu saja penggunaan software akan sangat membantu pekerjaan kita. Salah satu caranya ialah dengan mencoba beberapa software termasuk software pembukuan gratis. Kemudian gunakan salah satu yang sesuai dengan keperluan kita.

Membuat Pembukuan dengan Software

Mebuat pembukuan perusahaan memang bukan hal yang mudah, terlebih jika kita memang belum memiliki banyak pengalaman mengenai pembuatan pembukuan seperti itu. Namun, di era sekarang ini dengan adanya teknologi bernama computer bahkan internet membuat semuanya sangat mudah, salah satunya dengan bantuan software pembukuan keuangan yang bisa dengan mudah diunduh. Ada beragam pilihan software, salah satunya ialah software aplikasi bernama ‘Cashflow Simplebook’ yang sangat mudah diaplikasikan untuk membuat pembukuan sederhana untuk bisnis atau usaha kita. Dengan bantuan software atau aplikasi pembukuan seperti itu ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh, seperti memperoleh kemudahan dengan cara yang sederhana, mudah, menghemat waktu serta energy, flexible, dan juga efektif. Jadi, kita tak perlu lagi susah payah berkutat dengan cara yang rumit karena semuanya sudah dengan mudah didesain untuk keperluan pembuatan pembukuan keuangan untuk beragam keperluan, misalnya untuk bisnis, organisasi, kegiatan atau event, bahkan untuk keuangan rumah tangga.

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia