Hal Yang Membuat Kita Lebih Boros Saat Bulan Puasa

Pemborosan Saat Bulan Puasa – Mungkin selama ini bulan Ramadhan Adalah bulan dimana kita mendapatkan banyak rezeki dari pekerjaan / orang lain. Salah satu alasannya adalah karena kita akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (Untuk yang sudah bekerja) atau mendapatkan uang dari saudara kita yang sudah bekerja.

Pemborosan Saat Bulan Puasa

Namun pemasukan yang besar saat bulan puasa itu diikutii juga dengan pengeluaan yang besar pula. Bisa dibilang bulan ramadhan atau bulan puasa adalah bulan dimana pengeluaran kita menjadi lebih membengkak dari bulan biasanya.

Pembengkakakan ini ternyata terjadi karena kebiasaan – kebiasaan kecil yang bisa menyebabkan Pemborosan Saat Bulan Puasa. Disini kami akan membahas hal – hal apa saja yang menyebabkan Pemborosan Pengeluaran Saat Bulan Puasa.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Pemborosan Saat Bulan Puasa

  1. Membeli Jajanan Secara Berlebihan (Lapar Mata)

    Jika anda berpikir di bulan puasa lebih sedikit dari bulan biasa dikarenakan anda tidak perlu membeli jajanan di siang hari, tentu anda salah. Karena terkadang kita mengganti jajan di siang hari tersebut dengan berbelanja takjil tanpa kontrol (Membeli apa yang kita lihat). 

    Mengatur Keuangan Saat Bulan Puasa
    Jadi kebanyakan orang menerapkan sistem balas dendam, mereka akan jajan siang dengan belanja takjil sebanyak banyaknya.

  2. Berjejernya Jadwal Buka Bersama

    Bulan puasa memang sering dijadikan sebagau saat untuk saling bersilaturahmi antar sesama umat muslim, begitu juga dengan teman sekolah atau kerja kita. Biasanya saat bulan puasa kita harus menghadiri acara buka bersama dengan teman SD, SMP, SMA, Komunitas, Dan lain- lain.

    Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Saat Hari Raya Dengan Membuka Usaha Saat Ramadhan

    Itu adalah salah satu hal yang menyebabkan Pemborosan Saat Bulan Puasa bayangkan jika sekali buka bersama kita mengeluarkan uang 50.000. Jika dalam bulan puasa ada 5 kali buka puasa bersama maka uang yang harus dikeluarkan 500.000 cukup banyak bukan.

  3. Belanja Kebutuhan Lebaran

    JIka kita sudah melihat logo diskon di supermarket maka biasanya orang akan di butakan oleh harga diskon yang sebenarnya sama saja. Jika sudah begitu maka Anda akan membeli kebutuhan lebaran terlalu berlebih dari kebutuhan karena tergiur oleh diskon tersebut.
    Cara Mengurangi pengeluaran Saat Bulan Puasa
    Oleh karena itu hendaknya anda mencatat kebutuhan lebaran anda dan menetapkan, budget maksimal untuk kebutuhan lebaran.

  4. DIminta THR

    Biasanya untuk anda yang sudah memiliki penghasilan, anda diwajibkan untuk memberikan THR kepada adik atau keponakan anda. Jika jumlahnya bisa dihitung dengan jari mungkin tidak jadi masalah, tapi jika jumlahnya banyak maka sangat menjadi masalah.
    Oleh karena itu sebaiknya anda menyesuaikan nominal yang anda berikan dengan pendapatan, agar anda tidak tekor didepannya nanti.

Ternyata budaya dan kebiasaan yang kita lakukan saat bulan puasa itulah yang menyebabkan Pemborosan Saat Bulan Puasa. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya jika anda telah mempersiapkan batas pengeluaran anda saat bulan puasa agar tidak Kehabisan Uang Saat Bulan Puasa.

Jika artikel Hal Yang Membuat Kita Lebih Boros Saat Bulan Puasa ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini dishare kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Pemborosan Saat Bulan Puasa
  • Cara Mengurangi pengeluaran Saat Bulan Puasa
  • Mengatur Keuangan Saat Bulan Puasa