Tips Mengelola Keuangan Saat Hari Raya Dengan Membuka Usaha Saat Ramadhan

Mengelola Keuangan Saat Lebaran

Mengelola Keuangan Saat Lebaran – Seringkali kita dihadapkan dengan permasalahan memburuknya keuangan kita saat atau sesudah lebaran. Memburuknya keuangan kita bisa dikarenakan oleh pengeluaran yang tidak terkontrol dan kurang bisa memaksimalkan uang Tunjangan Hari Raya yang kita dapat. Jika anda berpikir penyebabnya adalah uang THR yang kurang, tentunya anda salah besar. Karena dengan THR dan pendapatan bulanan anda, seharusnya lebaran bukan sebuah masalah yang besar dalam keuangan anda jika anda dapat mengatur pengeluaran anda.

Dalam menangani masalah keuangan paska lebaran ini, yang harus anda lakukan adalah menulis target pengeluaran. Atau jika anda memiliki waktu luang saat berpuasa anda bisa membuka usaha kecil kecilan sebagai tambahan pemasukan saat lebaran nanti. Berikut kami akan memberikan Tips mengelola pengeluaran saat lebaran dan Usaha – Usaha yang dapat dilakukan saat bulan puasa.

Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran

Memaksimalkan Uang THR

  1. Menentukan Anggaran atau Budget Lebaran

    KIta harus bisa menentukan budget untuk lebaran sejak awal puasa, agar kita bisa menyiapkan keuangan kita sejak dini. Rinci pengeluaran dengan mendetai mulai belanja kebutuhan lebaran, zakat, dan angpow untuk saudara saudara. Setelah itu lebihkan 10% dari total dana untuk jaga – jaga jika ada kebutuhan yang mungkin tiba tiba naik saat lebaran.

  2. Selektif Dalam Berbelanja

    Bulan ramadhan adalah bulan untuk kita dapat menahan diri, kita harus bisa menahan diri dari godaan barang barang yang tidak seberapa penting. Usahakan semaksimal mungkin jangan membeli barang yang tidak ada direncana Anggaran Awal (Tips No 1).

    Baca Juga : Pencairan Kenaikan THR dan Gaji ke-13 PNS 2017

  3. Merencanakan Waktu Berbelanja

    Kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berbelanja kebutuhan lebaran, agar barang yang kita beli nantinya tidak Over Price atau melebihi harga saat bulan biasa. Dalam hal ini saya sarankan anda memantu situs situs belanja online untuk mengetahui kapan dibuka diskon lebaran, karena biasanya harga yang di tawarkan akan sedikit lebih murah dari biasanya.

  4. Jangan Gunakan Kartu Kredit

    Untuk membatasi pengeluaran anda cobalah untuk tidak menggunakan kartu kredit saat berbelanja kebutuhan lebaran. Karena akan sangat sulit pengentrol pengeluaran dengan pembayaran yang tidak langsung atau menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan uang tunai kita bisa mengambil uang secukupnya, dan ketika uang habis untuk berbelanja maka jatah berbelanja kita otomatis juga habis.

  5. Mengoptimalkan Waktu Saat Bulan Puasa

    Saat bulan puasa biasanya banyak sekali penjual dadakan yang berjualan menu takjil dan berbagai barang barang kebutuhan islami. Nah disini kami akan memberika daftar usaha yang dapat kita lakukan saat bulan puasa.

Usaha Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menambang Uang Lebaran Anda

Usaha - Usaha Saat Bulan Ramadhan

  1. Berjualan Makanan Takjil

    Seperti yang anda ketahui saat bulan ramadhan tiba banyak sekali penjual jajanan dadakan di pinggir pinggir jalan. Penghasilan dari berjualan takjil ini lumayan untuk menambah penghasilan saat lebaran nanti. Untuk anda yang tinggal di lingkungan perumahan anda bisa berjualan didepan perumahan, karena biasanya di perumahan sangat jarang orang yang mau repot repot memasak, dan lebih memilih membeli makanan.

  2. Usaha Pakaian atau Busana Muslim

    Saat bulan ramadhan tiba biasanya banyak sekali umat muslim yang berburu perlengkapan sholat atau pakaian untuk lebaran nanti. Jadikan kesempatan itu dengan berjualan baju baju muslim atau baju lebaran karena pasti banyak yang mencari/

  3. Usaha Pemuatan Kue Lebaran

    Untuk anda yang memiliki kemampuan membuat kue anda dapan penjadikan bulan ramadhan ini sebagai ladang penghasilan anda. Dengan cara membuat kue lebaran atau membuka pesanan kue kue lebaran, untuk awal anda bisa menawarkan kue kue tadi ke tetangga tetangga anda.

  4. Menjual Ketupat

    Anda bisa membuat ketupat ? jika iya anda sangat beruntung karena tidak semua orang bisa membuatnya. Lebaran sangat identik dengan ketupat oleh karena itu setiap rang pasti membeli ketupat untuk pendamping opor ayam, ataupun sekedar hiasan ketupat saja.

Jika artikel Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran Dengan Membuka Usaha Saat Ramadhan ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini dishare kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Tips Mengelola Uang THR
  • Perencanaan Keuangan Saat Lebaran
  • Usaha – Usaha Saat Datangnya Bulan Ramadhan