Hal yang Penting dan Perlu Diketahui Tentang Laporan Laba Rugi

Membuat sebuah laporan laba rugi memang sangat penting dilakukan, terlebih jika kita memiliki sebuah usaha atau bisnis, baik itu usaha di bidang jasa, dagang, maupun manufaktur. Dengan adanya laporan tersebut, maka akan benar-benar terlihat hasil dari usaha atau bisnis yang kita jalani, setidaknya dalam kurun waktu tertentu, misalnya tiap bulannya. Dengan demikian, kita bisa dengan mudah mengevaluasi bisnis atau usaha kita ini, serta melaukan tindak lanjut untuk hasil yang lebih baik dan juga lebih efektif nantinya.

laporan laba rugi

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Namun, Membuat sebuah laporan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini mungkin akan sedikit lebih rumit terlebih bagi kita yang tidak memiliki pengalaman di bidang ini. Jadi, mencari tahu bagaimana pembuatan laporan laba rugi, misalnya dengan mencari beragam contoh laporan laba rugi, akan cukup memberikan kita gambaran bagaimana cara membuat laporan seperti itu. Jadi kita tal perlu bingung lagi. Cari beragam contoh laporan dari sumber manapun sehingga kita bisa tahu lebih banyak bagaimana format pembuatan laporan tersebut. Kemudian, kita akan tahu poin apa saja yang harus dimasukkan ke dalamnya. Jika kita memiliki bisnis berskala kecil, kita dapat memulai mebuat laporan yang sifatnya sederhana namun jelas menggambarkan data dan info mengenai keadaan usaha kita, yakni mengenai rugi dan laba yang mungkin diperoleh.

Mengenal Laporan Laba Rugi

Dalam sebuah bisnis atau usaha, kita tak hanya perlu untuk melakukan kegiatan pemasaran dengan baik. Manajemen yang baik pun diperlukan, termasuk untuk lebih disiplin dalam pembuatan laporan perusahaan, misalnya ialah membuat laporan laba rugi. Dengan adanya laporan tersebut akan memudahkan kita memonitor hasil atau perolehan dari usaha atau bisnis kita dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam satu bulan ini. Laporan ini sering juga disebut sebagai Income Statement. Secara singkat, laporan ini merupakan bagian dari suatu laporan keuangan dalam suatu bisnis atau usaha dimana dalam laporan tersebut dijabarkan bagian-bagian atau elemen yang ada dalam income secara detail serta beban dari perusahaan. Kemudian, kita akan memperoleh rangkuman dan hasil perhitungan apakah hasilnya laba atau rugi serta penghitungannya. Kita pun akan memperoleh hasil kerugian atau laba secara bersih. Terdapat beberapa elemen yang ada dalam laporan ini, misalnya dalam laporan laba rugi perusahaan dagang, yakni:

  • pendapatan penjualan (dikurangi dengan beban pokok dari penjualan)
  • rugi atau laba kotor (dikurangi oleh beban dari usaha)
  • rugi atau laba dari usaha (dikurangi atau ditambah dari penghasilan atau juga beban lainnya)
  • rugi atau laba sebelum dikenakan pajak (dikurangi oleh beban pajak yang harus dibayarkan)
  • rugi atau laba bersih

Elemen atau unsur tersebut biasanya digunakan untuk menentukan besarnya laba atau rugi yang ditanggung atau diperoleh perusahaan.

Membuat Laporan Laba Rugi

Lalu bagaimana cara penyusunan atau pembuatan laporan laba rugi? membuat laporan tersebut sebelutnya tidaklah sulit, termasuk jika anda ingin membuat laporan laba rugi perusahaan jasa. Langkah pertama dalam pembuatan laporan tersebut ialah dengan mebuat jurnal transaksi yang merupakan bagian dari laoran keuangan perusahaan. Untuk membuat laporan ini, maka elemen yang akan kita butuhkan misalnya pendapatan, akun beban, dan sebagainya. Kemudian masukkan transaksi ke dalam buku besar. Kemudian, membuat laporan ini yang diletakkan setelah kertas kerja. Hal ini dikarenakan penyusunan maporan rugi laba ini berdasar pada kertas kerja. Kemudian, kita bisa mulai menyusun laporan berdasarkan formatnya.

Tips Laporan Laba Rugi

Untuk memudahkan kita dalam penyusunan laporan ini, kita harus mengetahui formatnya. Jadi dengan demikian, kita bisa menyusunnya secara tepat sesuai dengan keperluan dan jenis perusahaan. Untuk memberikan kemudahan, kita bisa dengan mudah bisa menggunakan software laporan rugi laba. Biasanya software aplikasi ini sudah termasuk dalam satu rangkaian software laporan keuangan atau software akuntansi. Jadi, kita dengan mudah menyusun laporan tersebut dengan menggunakan software aplikasi tersebut. Ada beberapa pilihan software yang bisa dipilih, baik itu yang berbayar maupun free. Kemudian, dalam membuat laporan rugi laba ini, pastikan kita sudah menentukan atau memperoleh data secara detail terlebih mengenai beban perusahaan, misalnya beban gaji, beban perlatan, pajak, dan masih banyak lagi sehingga tidak ada yang terlewat untuk dicantumkan dan dihitung. Jadi hasil dari penghitungan dan pembuatan laporan laba rugi menjadi lebih valid.

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia