Pengaruh Software Akuntansi Terhadap Laporan Keuangan UKM

Laporan Keuangan UKM – Salah satu kendala yang paling sering dihadapi oleh para pelaku usaha bisnis UKM adalah masalah penyusunan laporan keuangan, hal ini bisa di maklumi karena tidak semua pelaku bisnis UKM memiliki latar belakang Akuntansi. Sedangkan jika harus memperkerjakan seorang akuntan masih belum memungkinkan secara finansial, apalagi harus membuat laporan keuangan ukm sendiri lebih tidak memungkinkan lagi. Hal tersebut tentu saja akan membuat setiap pelaku ukm pusing tujuh keliling, alhasil pembukuan yang di lakukan pun berantakan dan tidak jelas, atau malah tidak melakukan pembukuan.

laporan keuangan UKM

Laporan Keuangan UKM

Perlu diketahui untuk membuat laporan keuangan ukm Anda tidak bisa terlepas dengan ilmu akuntansi. Karena itu, Anda perlu memahami sedikit tentang siklus akuntansi dan beberapa istilah dalam ilmu akuntansi. Terdengar rumit, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Sebab istilah-istilah tersebut tidak akan membuat Anda pusing tujuh keliling kalau hanya untuk membuat laporan keuangan ukm sederhana.

Karena mempelajari siklus akuntansi, waktu yang dibutuhkan tidaklah singkat. Di sini tidak akan dibahas mengenai banyak hal tentang akuntansi, tetapi hanya prinsip akuntansi yang digunakan untuk mensimulasikan laporan keuangan ukm tersebut. Secara sederhana berdasarkan kegiatannya, siklus akuntansi memuat beberapa aktivitas, yaitu pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan laporan keuangan.

Kelebihan Menggunakan Software Akuntansi Dalam Laporan Keuangan UKM

  1. Kecepatan dalam menyajikan laporan keuangan, hal ini dapat terjadi karena dalam proses penyajian laporan keuangan semua di lakukan secara otomatis oleh software akuntansi, sehingga keputusan dapat di lakukan dengan cepat.
  2. Ketepatan dalam pengambilan keputusan disebabkan oleh kecilnya kesalahan yang di sebabkan oleh manusia dalam menyajikan  pelaporan  keuangan.
  3. Biaya yang harus dikeluarkan lebih kecil di banding menyediakan tenaga ahli yang banyak dalam menyusun informasi laporan keuangan sebagai landasan pengambilan keputusan.
  4. Laporan yang lengkap yang di sediakan oleh software akuntansi mulai dari laporan Neraca, rugi laba, arus kas dst. Ini memudahkan dalam pengambilan keputusan dari berbagai aspek, sehingga keputusan yang di ambil lebih efektif dan efisien.
  5. Analisis rasio yang disediakan oleh software akuntansi, sangat membantu dalam melihat kondisi perusahaan apakah sehat atau tidak, kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban, menentukan BEP, dsb. sehingga perencanaan akan datang dapat diperkirakan.

Banyak sekali bukan, manfaat yang bisa kita dapatkan dalam penggunaan Software Akuntansi untuk pembuatan laporan keuangan UKM? Dengan menggunakan Software Akuntansi, kami yakin laporan keuangan UKM anda akan cepat selesai dengan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.

Dengan menggunakan Software Akuntansi, laporan keuangan ukm anda akan tersimpan dengan aman, karena software akuntansi kami dilengkapi dengan hak akses, hanya orang tertentu saja yang dapat mengoperasikannya. Selain itu, software akuntansi akan membantu anda menghemat waktu anda, dan meminimalisir terjadinya pemalsuan data.

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia