Hal Yang Mempengaruhi Naik Turun nya Harga Emas

Harga Emas – Sebagai seorang pebisnis yang berinvestasi ataupun sering berhubungan dengan emas, pastilah menjadi sebuah keharusan bagi anda untuk mengetahui perkembangan harga emas hari ke hari. Emas merupakan salah satu investasi menguntungkan dengan minim resiko. Maka tak heran, banyak sekali pengusaha saat ini mulai berinvestasi dengan memilih emas. Lalu, apa saja yang mempengaruhi harga emas?

Faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas

  • Perubahan Kurs

Faktor yang mempengaruhi kenaikan/ penurunan emas yang paling besar perananya dalam perubahan harga emas di indonesia adalah perubahan kurs dari dollar AS ke rupiah. Perubahan kurs ini terjadi jika melemahnya kurs dollar AS yang akan mendorong kenaikkan harga emas. Turunnya harga adalah ketika tingkat suku bunga naik, maka orang akan lebih menyimpan uang dalam bentuk deposito yang berbunga daripada emas. Sedangkan emas naik nilainya saat kurs dollar AS turun.

  • Jumlah permintaan dan penawaran barang

Faktor (permintaan dan penawaran) atau yang lebih di kenal dengan supply and demand ini juga merupakan faktor utama yang memengaruhi naik turunnya harga dari emas. Ketika peminat emas meningkat, maka secara otomatis harga emas semakin mahal, sebaliknya ketika peminat emas menurun maka harga akan turun.

  • Laju Inflasi Yang Tak Terkendali

Inflasi atau kenaikan harga secara terus menerus juga dapat mengakibatkan harga dari emas menjadi mahal , Ketika inflasi meleset atau melebihi prediksi pemerintah, emas biasanya diburu. Inflasi yang meleset biasanya dijadikan indikator bahwa kondisi ekonomi sedang tidak menentu membuat emas diburu sehingga menyebabkan harga dari emas naik karena naiknya permintaan.

Harga Emas

Selain ketiga faktor utama yang mempengaruhi harga suatu emas tersebut terdapat faktor-faktorlainya yang tidak kalah penting, yaitu seperti naiknya permintaan emas, tingkat suku bunga, kondisi politik dan ekonomi dunia hingga harga minyak mentah dunia.

Kurang lebih itulah beberapa faktor yang menyebabkan naik turunnya harga dari emas. Penting bagi anda untuk selalu memantau perkembangan kenaikan dan penurunan harga dari emas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jangan Lupa Download Aplikasi Akuntansi Gratis Versi Demo, Klik Disini !!

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia