4 Cara Pintar Gunakan Kartu Kredit

Cara Pintar Gunakan Kartu Kredit – Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang cukup banyak digunakan bagi sebagian orang. Karena, banyak fasilitas yang bisa didapat dari penggunaan kartu kredit. Misalnya, potongan harga serta fasilitas cicilan yang ringan.

Meskipun memiliki segudang fasilitas, kartu kredit harus digunakan dengan bijak. Karena, salah-salah anda dapat terjerumus ke jurang hutang yang dalam. Yang lebih fatal lagu, bisa mengalami kebangkrutan total sehingga kondisi keuangan keluarga berantakan.

Cara Pintar Gunakan Kartu Kredit

Berikut 4 Cara Pintar Gunakan Kartu Kredit

  1. Hindari Utang

Cara Pintar Gunakan Kartu kredit yang pertama yakni, hindarilah hutang. Ketika anda memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya, maka anda wajib memiliki kesadaran penuh mengenai sejumlah uang yang terdapat di dalamnya. Pahami dengan baik bahwa semua transaksi yang anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit adalah hutang yang harus anda bayarkan jika tagihan datang. Gunakanlah kartu kredit yang memberi manfaat maksimal serta diterbitkan oleh bank yang bisa dipercaya.

  1. Hindari Menggunakan Banyak Kartu Kredit

Cara Pintar Gunakan Kartu kredit yang kedua adalah jangan membuat terlalu banyak kartu kredit. Tidak ada gunanya mempunyai banyak kartu kredit. Hal ini justru bisa memicu anda melakukan sejumlah pembelanjaan yang dirasa tidak perlu & malah  menimbulkan sejumlah hutang dimasa yang akan datang. Hindari pembelanjaan yang tidak penting dengan menggunakan kartu kredit. Jangan berbelanja dengan kartu kredit, jika anda tidak mendapatkan sejumlah keuntungan.

  1. Sesuaikan Limit Kredit dengan Pendapatan

Cara Pintar Gunakan Kartu kredit yang ketiga, sesuaikan limit kartu kredit dengan pendapatan anda. Akan sangat bijak jika anda hanya menggunakan kartu kredit dengan limit yang tepat. Artinya, limit tersebut sesuai dengan pendapatan anda. Jangan sampai anda memiliki sejumlan kartu kredit yang limitnya sangat jauh atau puluhan kali lipat jumlahnya dari pendapatan tetap anda tiap bulannya. Hal ini sangat berbahaya bagi keuangan anda, terutama jika anda memiliki kesulitan mengontrol pembelanjaan.

  1. Tutup yang Tidak Perlu

Cara Pintar Gunakan Kartu kredit yang terkahir, tutup yang tidak perlu. Ada kalanya, bank memberikan fasilitas kartu kredit dengan sangat mudah, bahkan ketika anda hanya melakukan pengajuan yang asal-asalan (tidak begitu berharap). Hal seperti ini bisa membuat anda memiliki sejumlah kartu kredit yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal, & hal ini tidak baik bagi keuangan Anda. Lakukan penutupan pada kartu kredit yang memang tidak/jarang digunakan. Penutupan ini bisa dilakukan dengan cara mempertimbangkan beberapa hal seperti: besarnya bunga yang dikenakan bank, penawaran & fitur yang diberikan oleh bank, serta berbagai macam biaya yang harus anda bayarkan, juga berbagai macam keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Itulah ulasan mengenai cara pintar gunakan kartu kredit. Semoga artikel diatas dapat membantu anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Download segera Aplikasi Akuntansi Gratis Versi Demo Klik Dibawah ini :

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia