Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik & Benar

program pembukuan murah

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga menjadi hal yang sangat krusial bagi mereka yang sudah menjalani hidup berumah tangga. Walaupun anda sudah terbiasa dalam memanage keuangan Anda sendiri, namun akan berbeda tentunya ketika anda sudah melewati masa pernikahan. Sebagai seorang istri, Anda harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan keluarga, terutama mengatur pengeluaran uang dari nafkah jatah pemberian suami. Apabila terdapat penghasilan tetap dalam berumah tangga, maka Anda dapat lebih mudah dalam membagi anggaran cara mengatur keuangan keluarga setiap bulannya. Namun, apabila penghasilan anda masih berubah-ubah, maka anda harus mengetahui tips mengatur keuangan keluarga dengan bijaksana.

Cara mengatur keuangan rumah tangga

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Cara mengelola keuangan rumah tangga dengan baik & bijaksana, akan membuat Anda dapat membagi uang yang ada berdasarkan porsi masing-masing. Anda juga dapat menghindari hutang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Meskipun terkesan mudah, namun tak banyak orang yang masih belum mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik & benar. Akibatnya banyak yang menerapkan cara gali lobang tutup lobang dalam mengelola keuangan keluarga demi memenuhi kebutuhan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik & Efektif :

  1. Pahami aspek keuangan secara menyeluruh

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yakni memahami aspek keuangan secara menyeluruh. Hal ini merupakan tahap yang paling awal yang harus dipahami & dilakukan. Anda harus memahami jumlah uang yang ada, umumnya meliputi pendapatan suami & istri. Selain itu, anda juga harus mengetahui jenis-jenis tagihan yang wajib anda bayarkan setiap bulannya misalkan biaya listrik, telepon, air, & anggaran belanja bulanan. Pertimbankan cicilan yang anda miliki, apabila anda sedang memiliki kredit motor. Dengan begitu, anda dapat kebih mudah dalam membuat perkiraan dana yang akan anda keluarkan.

  1. Membuat skala prioritas

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang kedua yakni membuat skala prioritas. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membuat anda tidak terjebak dalam pengeluaran. Cara mengel0la keuangan keluarga yang benar yakni dengan membedakan antara kebutuhan & keinginan. Karena banyak orang umumnya mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Cara paling mudah dalam mengatasi hal ini yakni dengan membuat daftar kebutuhan & daftar keinginan. Dengan daftar tersebut, pastikan untuk  memenuhi hal yang paling mendesak.

  1. Buat target keuangan jangka panjang

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang ketiga yakni membuat target keuangan jangka panjang. Sebagai contoh, dalam 10 tahun kedepan anda harus bisa membangun rumah sendiri (apabila anda masih kost/kontak) atau dalam 5 tahun kedepan anda harus menyiapkan dana untuk sekolah Anak. Dengan membuat target jangka panjang, anda dapat lebih fokus dalam mengelola keuangan & mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

  1. Melakukan investasi

Tips mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya yakni melakukan investasi. Setelah menikah, memikirkan kehidupan dimasa depan merupakan hal yang wajib dilakukan. Investasi merupakan salah satu bentuk bahwa Anda telah memikirkan keuangan jangka panjang untuk keluarga. Apabila anda memutuskan untuk berinvestasi, pastikan jenis investasi yang anda pilih nantinya sesuai dengan kondisi keuangan keluarga, pilih juga investasi yang dapat memberikan keuntungan untuk keluarga.

  1. Membuat perencanaan keuangan keluarga

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang kelima, adalah membuat perencanaan keuangan keluarga. Setelah mengatur jenis-jenis pengeluaran dalam rumah tangga, Anda juga perlu mengetahui uang yang anda miliki. Tentukan untuk apa uang tersebut akan digunakan, dan berapa jumlah yang harus disimpan. Usahakan membuat rencana keuangan yang realistis tanpa mengurangi kebutuhan anda sendiri. Anda juga berhak untuk menyisihkan uang guna berlibur bersama keluarga.

  1. Menabung

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang terakhir yakni dengan menabung. Dengan menabung, keuangan anda dapat menjadi lebih stabil aman. Anda dapat menyisihkan sejumlah uang dari gaji tiap bulan untuk ditabung sehingga jumlahnya dapat terus bertambah. Gunakan tabungan ini untuk kepentingan yang sungguh-sungguh mendesak.

 

Promo !! Download Gratis Program Manajemen Keuangan Gratis Versi Demo Klik Disini !!