Bisnis Waralaba Modal Kecil – Contoh Usaha Waralaba Murah Yang Sukses

Bisnis waralaba merupakan salah satu model bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis franchise ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi tidak berpengalaman dalam membangun bisnis sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan.

Secara umum, bisnis waralaba adalah bisnis yang sangat menguntungkan, terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis bisnis waralaba cocok untuk setiap orang.

Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relatif dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga usaha franchise biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.

bisnis waralaba

Bisnis Waralaba dibawah ini dapat menjadi rekomendasi Anda:

  1. Bisnis Waralaba Makanan & Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan & minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Merintis bisnis makanan, misalnya restaurant atau tempat makan dengan merk dagang baru adalah sebuah tantangan yang cukup sulit, terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan sebelumnya. Dan menjalankan usaha franchise makanan/  minuman menjadi salah satu opsi yang sangat tepat untuk permasalahan tersebut.

Ada banyak usaha waralaba makanan & minuman yang menawarkan franchise-nya dengan harga yang relatif murah, tapi memang tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih bisnis waralaba makanan & minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

  1. Bisnis Waralaba Laundry & Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, bisnis waralaba laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Laundry, biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

 

Biasanya bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relatif murah.

  1. Bisnis Franchise Di Bidang Kesehatan & Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralaba-nya kepada calon pengusaha seperti Anda, tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Misalnya Anda ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

  1. Usaha Waralaba Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan

Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan bisnis waralaba bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah. Ada diantara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat mahal, tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

  1. Bisnis Franchise di Bidang Retail

Secara singkat bisnis retail bisa definisikan sebagai usaha menjual produk, baik itu barang atau jasa kepada perorangan/ keluarga untuk memenuhi keperluan si pembeli. Tidak jarang orang menganggap bahwa bisnis retail hanya menjual produknya di sebuah toko. Pada kenyataannya penyewaan komik, dokter gigi, dan beberapa usaha retail lainnya tidak selalu berbisnis melalui toko pada umumnya.

Saat ini ada banyak bisnis retail yang ditawarkan kepada masyarakan dengan sistem waralaba. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis retail dengan brand yang bisa langsung dikenal masyarakat dan sudah memiliki SOP (standar operational procedure) yang jelas.

Dari beberapa jenis waralaba yang sudah disebutkan di atas, tentunya Anda punya pilihan sendiri waralaba apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan finansial Anda. Setelah memilih jenis waralaba-nya, tentunya ada hal lain yang perlu kita perhatikan ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, yaitu bagaimana cara mencapai keberhasilan bisnis waralaba kita.

Download Aplikasi Akuntansi Keuangan Gratis Klik Dibawah ini :

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia