Bidang Bidang Akuntansi Itu Sendiri

Bidang Bidang Akuntansi – Ilmu akuntansi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ini mencakup berbagai macam aktivitas dalam bidang jasa seperti pengidentifikasian, pengukuran, pengklasifikasian yang menyangkut kejadian dan kegiatan ekonomi untuk menghasilkan informasi dalam bentuk kualitatif untuk pengambilan berbagai macam keputusan. Ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki kompleksitas tinggi.

bidang bidang akuntansi

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Sistem ini digunakan untuk mengatasi kompleksitas di perusahaan besar yang disebabkan karena perbedaan baik informasi yang dibutuhkan maupun laporan transaksi keuangan itu sendiri. Akuntansi terdiri dari berbagai bidang yang berkaitan dengan hal tertentu dalam bidang ekonomi. Klasifikasi bidang bidang akuntansi ini membuat informasi keuangan yang disajikan menjadi lebih tepat dan akurat.

Bidang bidang Akuntansi yang Penting Peranannya dalam Dunia Sehari-hari :

  • Akuntansi keuangan adalah salah satu bidang akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan keuangan yang dibuat untuk berbagai macam pihak namun di luar perusahaan. Kegiatan pencatatan yang dilakukan pada bidang ini sifatnya adalah finansial yang tujuannya untuk melaporkan sistem keuangan. Yang dilaporkan bisa berkisar antara laba-rugi, neraca, arus kas, maupun perubahan modal yang terjadi pada kurun waktu tertentu.
  • Akuntansi manajemen merupakan bidang lain dalam akuntansi. Bidang ini memiliki tujuan untuk menyediakan informasi berkenaan dengan manajemen untuk membantu mereka yang ingin menjalankan usaha. Fungsi yang dilakukan oleh bidang ini mencakup monitoring terhadap arus kas, pengendalian berbagai macam kegiatan di perusahaan, serta pemberian alternatif dalam pengambilan keputusan.
  • Ada bidang akuntansi yang menekankan pada penetapan dan kontrol biaya sehingga disebut dengan akuntansi biaya. Fungsi utama dari bidang ini adalah mencari dan melakukan analisis terhadap data tentang biaya, baik yang sudah maupun belum terjadi. Aktivitas yang dilakukan digunakan untuk menentukan harga pokok produksi produk yang meliputi pencatatan, perhitungan, dan analisis data dari perusahaan.
  • Akuntansi perpajakan merupakan bidang dalam akuntansi yang berfokus pada pengurusan pajak yang harus dibayarkan oleh badan atau individu pada pemerintah. Bidang ini juga mencakup seluruh hukum yang berkenaan dengan perhitungan pajak maupun pajak itu sendiri. Selain itu, penentuan jumlah pajak yang harus dibayarkan juga termasuk dalam bidang yang satu ini.
  • Akuntansi pemeriksaan atau sering disebut dengan akuntansi auditing yang memiliki tujuan utama agar badan baik itu perusahaan maupun pemerintah bisa memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari pemeriksaan hasil pencatatan dan laporan keuangan dari suatu badan usaha. Pemeriksaan yang dilakukan terhadap akuntansi keuangan ini biasanya dilakukan secara bebas. Dalam aktifitas yang dilakukannya, ada bebera konsep yang dipegang oleh bidang ini seperti objektifitas, rahasia, independensi dari pemeriksa, serta bukti yang relevan.

Baca Juga : Macam – Macam Nama Akun Akuntansi

  • Selain bidang auditing, ada juga akuntansi anggaran yang kegiatannya meliputi penyusunan anggaran baik itu pendapatan maupun biaya yang didasarkan pada standar yang ditentukan oleh suatu badan. Aktifitas yang dilakukan meliputi penyusunan rencana keuangan perusahaan dalam kurun waktu tertentu, kemudian dilanjutkan dengan analisis dan pengawasan. Anggaran bisa berupa rencana perusahaan yang dilaporkan dalam bentuk nominal untuk masa depan.
  • Akuntansi pemerintah merupakan bidang yang bertujuan untuk membuat laporan keuangan, pengendalian, dan pengawasan pada keuangan pemerintah. Kegiatan yang dilakukan khususnya berupa pencatatan dan pelaporan segala transaksi yang dilakukan oleh badan pemerintahan. Hasil yang dilaporkan biasanya meliputi aspek kepengurusan dan administrasi pada keuangan pemerintah.
  • Ada juga bidang akuntansi yang diperuntukkan untuk dunia pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam akuntansi pendidikan biasanya berhubungan dengan kegiatan belajar-mengajar. yang diajarkan biasanya berupa teori dan konsep-konsep akuntansi. Mereka yang bekerja di bidang ini diamakan dengan akuntan pendidik
  • Selain itu, ada akuntansi internasional yang memfokuskan pada aktifitas untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada dalam praktik perdagangan internasional atau antar negara. Akuntansi ini biasanya diterapkan pada perusahaan multinasional.
  • Sistem akuntansi juga merupakan salah satu jenis bidang bidang akuntansi. Bidang ini berfungsi untuk merancang strategi agar pencatatan akuntansi bisa dilakukan secara aman, efektif, dan efisien. Kegiatan yang dilakukan meliputi proses pengorganisasian dokumen dan formulir sampai cara yang benar dalam penyusunan dan prosedur pencatatannya.

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Bidang Bidang Akuntansi Itu Sendiri ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :