Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur Terbaik

Akuntansi Perusahaan Manufaktur/ Pabrikasi –  adalah perusahaan yang sebagaimana mengolah barang mentah sampai menjadi barang jadi. Jika membahas pencatatan Akuntansi untuk perusahaan Manufaktur/ Pabrikasi tentu akan jauh berbeda dengan perusahaan Dagang, Distributor, Jasa, maupun Kontraktor. Biasanya di perusahaan Manufaktur/ Pabrikasi mencakup masalah persediaan, biaya produksi, overhead cost, hingga Harga Pokok Produksi atau Cost Of Goods Manufactured. Perhitungan Akuntansi Perusahaan Manufaktur tentunya akan lebih mudah jika menggunankan Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur.

Akuntansi Perusahaan Manufaktur

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang Manufaktur/ Pabrikasi yang cara kerjanya masih secara manual tentu membutuhkan satu Sistem Software Akuntansi yang Akurat pencatatannya dan bisa mengakomodir mekanisme pekerjaan tersebut.

Hal-hal yang sangat erat dengan Akuntansi Perusahaan Manufaktur meliputi:

  1. Persediaan

Persediaan merupakan material yang terpenting untuk proses produksi. Ia terdiri dari 3 macam yakni bahan mentah, bahan penolong/ setengah jadi, barang jadi. Untuk mengetahui lebih perinci pengenai persediaan baca juga Konsep Dasar Pencatatan Persediaan Barang Dagang.

Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran

  1. Biaya Pabrikasi

Biaya pabrikasi dipakai untuk proses seperti menyelesaikan barang yang masih sebagian selesai di awal periode, barang-barang yang dimasukkan dalam proses produksi periode itu, dan barang-barang yang baru dapat diselesaikan sebagian di akhir periode. Ada 3 biaya dalam hal ini yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik (BOP).

  1. Biaya Produksi

Biaya produksi ialah biaya yang dimasukkan selama proses produksi.

  1. Harga Pokok Produksi (COGM/ Cost of Goods Manufactured)

COGM merupakan biaya yang telah diselesaikan dalam proses produksi. COGM ini dihasilkan dari biaya pabrikasi yang ditambahkan dengan persediaan dalam proses awal dan dikurangi dengan persediaan dalam proses akhir.

Perbedaan dengan Perusahaan Dagang dan Jasa

Akuntansi Perusahaan Manufaktur memiliki perbedaan yang kentara dengan Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa. Setidaknya ada 2 tahap pengerjaan yaitu:

1. Tahap pencatatan

Tahap ini meliputi pengumpulan berkas transaksi, pencatatan jurnal, dan pengeposan ke buku besar

Baca Juga : Kenaikan Tunjangan Hari Raya PNS

2. Tahap ikhtisar dan pelaporan

Tahap ini meliputi penyesuaian dan pembuatan laporan keuangan.

3. Kegitan Utama Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Dari uraian garis besar di atas, kita dapat membuat 3 bagian utama dalam proses kegiatan akuntansi perusahaan manufaktur yang bisa digambarkan sebagai berikut ini. Ada beberapa kendala yang sering dialami oleh pengusaha ataupun pelaksana kegiatan perusahaan dalam mencatat akuntansi perusahaan manufaktur misalnya:

  1. Rumitnya menggolongkan dan mengontrol stok bahan baku dan barang jadi sehingga kerap terjadi hilang atau kerusakan yang tidak terpantau.
  2. Menghitung secara manual work in process (WIP).
  3. Menghitung secara manual metode penentuan harga pokok.
  4. Sukarnya menentukan harga jual tiap golongan pelanggan.
  5. Alokasi biaya tenaga kerja langsung tidak terorganisasi.

Dan masih banyak lagi kendala Akuntansi Perusahaan Manufaktur lainnya yang seharusnya sudah bisa dihindari dan ditinggalkan. Kendala itu tentunya akan muncul jika semua dilakukan secara manual dan tidak terkoordinasi dengan baik. Dengan demikian, perlu adanya suatu perangkat yang tepat yaitu

Fitur Software Akuntansi Untuk Perusahaan Manufaktur untuk menunjang pencatatan otomatis dan terintegrasi dengan sistem:

  1. Memasukkan data barang langsung ke sistem dan mudah menggolongkannya berdasarkan kategori apapun yang diperlukan misalnya bahan baku, bahan setengah jadi dan barang jadi.
  2. WIP dapat terhitung secara otomatis.
  3. Harga pokok produksi terbentuk otomatis sejak penginputan proses produksi/ perakitan.
  4. Adanya fasilitas penentuan harga jual otomatis berdasarkan golongan dan metode penentuan harga jual yang disediakan.

Jika anda tertarik dengan Software Accounting / Akuntansi Full Murah dari kami, anda dapat mendownload versi Demo melalui link dibawah ini :

Download Versi Demo Software Accounting / Akuntansi, Klik Disini !!!!

Jika artikel Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur Terbaik ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • Laporan Keuangan Perusahaan
  • Laporan Keuangan Manufaktur
  • Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur