Definisi & Fungsi Akuntansi Keuangan

Akuntansi merupakan pencatatan transaksi yang tentu kaitannya sangat erat dengan uang. Selain itu dalam artikel persamaan akuntansi kita bisa lihat keuangan kita atau perusahaan dapat dilihat dari bagaimana persamaan itu terpenuhi, dan masih banyak kaitan lainnya.

Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi ini dapat diartikan sebagai bidang dari akuntansi yang berfokus pada keuangan seperti laporan keuangan. Laporan keuangan ini akan banyak dimanfaatkan untuk berbagai pihak dengan tujuan yang berbeda-beda.

Akuntansi Keuangan akan memudahkan kita untuk mengurus laporan keuangan mulai dari tahap awal seperti pencatatan transaksi, aset, hutang, debit, kredit dan lainnya hingga ketahap analisa dalam bentuk laporan.

Definisi Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

  • Definisi menurut Kieso & Weygant [intermediate Accounting, 2000:6]

Akuntansi Keuangan adalah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunankan oleh pengguna laporan keuangan baik internal maupun eksternal perusahaan.

  • Definisi menurut Sugiarto [Pengantar Akuntansi:2002]

Akuntansi Keuangan adalah bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan yang dilakukan secara berkala. Laporan ini sekaligus sebagai bentuk pertanggung jawaban manajemen kepada pemegang saham. Persamaan akuntansi yang digunakan adalah Aset = Ekuitas + Liabilitas yang mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Yakni memberikan informasi terkait keuangan perseorangan, organisasi ataupun perusahaan. Informasi ini dapat digunakan untuk melihat keadaan keuangan dan apa saja yang telah terjadi didalamnya. Selain itu bagi pihak manajemen informasi ini sangat berguna untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Selain fungsi utama diatas ada juga beberapa fungsi lainnya, yaitu:

  • Mengetahui dan menghitung laba yang diperoleh
  • Memberi informasi berguna bagi manajamen
  • Dapat menentukan hak dari berbagai pihak yang terlibat biak internal maupun eksternal
  • Mengewasi dan mengenadalikan aktvitas dalam perusahaan
  • Membantu mencapai target yang telah ditetapkan.
  • Akuntansi keuangan berfungsi sebagai alat analisa keadaan keuangan perusahaan
Strandarisasi Akuntansi Keuangan

Karena akuntansi berisi informasi keadaan keuangan sebuah perusahaan, maka dokumen yang disajikan harus jelas, tepat dan benar. Untuk itu perlu dalam pembuatannya, Laporan keuangan harus memenuhi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan atau PSAK.euangan

PSAK ini berisi tentang petunjuk dan prosedur akuntansi yang mencakup peraturan terkait standar pencatan, penyusunan dan penyajian laporan keuangan. Semua aturan ini mengacu pada teori-teori penafsiran dan penalaran mendalam yang dilakukan lkatan Akuntan Indonesia. Sehingga setiap laporan keuangan memilki standar untuk bisa digunakan dan diterima.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai definisi & fungsi akuntansi keuangan yang ternyata sangat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana keadaan keuangan sebuah perusahaan hanya dari laporan keuangan yang dibuat sesuai standar.

Kami CV.IT Brain Indonesia, ingin juga menawarkan kepada Anda, Yakni Software Aplikasi Akuntansi. Aplikasi ini di rancang khusus untuk Akuntan-Akuntan di Indonesia untuk mengelola sebuah bisnis dengan cepat dan mudah. Untuk informasi pemesanan Software Aplikasi Akuntansi, bisa segera hubungi Kontak Kami !!

Download Software Akuntansi Keuangan Indonesia